Pasca Bentorokan, Polisi Amankan 50 Orang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pasca Bentorokan, Polisi Amankan 50 Orang

Pasca Bentorokan, Polisi Amankan 50 Orang

Written By Mang Raka on Kamis, 13 Oktober 2016 | 12.00.00

KARAWANG,RAKA - Pasca bentrok antara massa petani Telukjambe Barat dengan Satpam PT Pertiwi Lestari, Polres Karawang langsung bergerak cepat mengamankan warga setempat yang diduga ikut dalam peristiwa berdarah yang terjadi di Dusun Cisadang, Desa Wanajaya, Kecamatan Telukjambe Barat, Selasa (11/10) lalu itu.

"Ada sekitar 50 warga setempat yang kami amankan," kata Kapolres Karawang, AKBP Andi Herindra kepada wartawan di kantornya, Rabu (12/10). Meski begitu, Andi belum bisa menyebutkan jumlah warga yang akan ditetapkan sebagai tersangka. Untuk sementara mereka masih berstatus saksi karena keterangannya masih didalami penyidik.

Andi menduga aksi penyerangan sudah direncanakan sebelumnyaa. Sebab, saat dilakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), petugas menemukan sejumlah  potongan kayu. Untuk mengungkap siapa aktor intelektual dibalik aksi penyerangan tersebut, pihaknya masih terus menggali informasi dari berbagai pihak. "Saya menyayangkan kejadian penganiayaan warga kepada petugas security PT PL. Seharusnya peristiwa tersebut tidak dengan cara main hakim sendiri dan bisa dimusyawarahkan. Namun mereka yang terlibat tetap diproses secara hukum," jelasnya.
Sebelumnya, Humas PT PL Agus Rijanto mengatakan, saat itu perusahaan sedang melakukan pengerasan jalan yang dari arah Dusun Cisadang ke Kiara Hayam. Dalam proses itu, petugas keamanan PT PL dihadang oleh warga yang tiba-tiba dari samping semak belukar keluar puluhan orang pake masker bawa golok potongan bambu yang diduga sudah disiapkan sebelumnya. "Mereka menyerang sekuriti kita dan beberapa karyawan pengawas menjadi korban penyerangan liar itu. Berdasarkan foto dan dokumen, ada indikasi orang luar dari warga Kiarahayam yang masuk ke situ," ungkapnya.
Menurut Agus, berdasarkan informasi yang dihimpun, Minggu (9/10) ada pertemuan beberapa orang di wilayah Cibinong mengadakan pertemuan. Hal itu diduga kuat sedang melakukan pembahasan rencana penyerangan kemarin (Senin), namun bentrokan terjadi pada hari ini (Selasa). "Saya menduga bentrokan ini dilakukan sudah direncanakan. Karena terlihat dari potongan bambu yang rapi dan sama, serta warga juga ada yang membawa golok. Untuk korban dari perusahaan ada 16 orang yang diantaranya, 6 orang luka bacokan dan 10 luka ringan dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Rosela dan RSUD Karawang," jelasnya.
Sementara itu salaah seorang warga yang tidak bersedia disebutkan jatidirinya mengatakan, aksi penyerangan tersebut justru pihak PT PL lah yang mendesignnya. Sebab, jika oknum humas PT PL yang berinsial M itu tidak bertindak kasar (menganiaya Ernawati) tentu situasinya akan adem ayem. "Kami menduga, justru pihak PT PL yang sudah mendesign kejadian ini agar warga berbenturan dengan hukum," katanya. (ops)


Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template