Melihat Perguruan Silat Cakrabuana (2) - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Melihat Perguruan Silat Cakrabuana (2)

Melihat Perguruan Silat Cakrabuana (2)

Written By Mang Raka on Rabu, 26 Oktober 2016 | 12.30.00

-Merebut Prestasi untuk Eksistensi

Perguruan Silat Cakrabuana yang padepokannya beralamat di Kampung Bakan Ngantai Rt 03/05, Desa Mekarsari, Kecamatan Jatisari, terus berupaya menunjukan eksistensinya dengan merebut prestasi dari berbagai perlombaan pencak silat di berbagai daerah.

Untuk meraih prestasi, perguruan silat yang dibidani oleh keturunan Prabu Siliwangi, Raden Oban Sumarna, secara rutin menggodok para peserta didiknya untuk menampilkan kualitas terbaik. Adapun rutinitas latihan yang digelar di padepokan selama satu minggu, mencapai 4 kali, yaitu hari Minggu, malam Selasa, malam Kamis dan malam Sabtu. Sedangkan saat akan menghadapi kejuaraan, perlombaan atau pementasan waktu latihan ditingkatkan. Prestasi yang sudah diraih diantaranya juara umum I kategori pemula, juara umum III Kategori Pra Remaja pada kejuaraan pencak silat Bandung Open 2016. Kemudian pada bulan April 2016 di Bekasi, pada Kejuaraan Satria Muda, perguruan Cakrabuana mengirim 11 atlet dan semuanya mendapat emas. "Ini artinya kualitas kami cukup diakui oleh perguruan-perguruan pencak silat lain. Karena beberapa kali mengikuti perlombaan, hasilnya sangat memuaskan," ujar Ketua Harian Perguruan Pencak Silat Cakrabuana, Otto Sundawan.
Menurutnya, salah satu unsur yang harus terpenuhi dalam pencak silat adalah olahraga prestasi. Karena unsur utama delam pencak silat adalah 4 unsur yaitu olaraga prestasi, beladiri, seni budaya dan mental spiritual. Dengan prestasi yang diraih maka eksistensi Perguruan Cakrabuana bisa diakui oleh masyarakat umum. "Kami lebih memilih mengikuti kegiatan-kegiatan open. Karena pesertanya bisa dari perguruan mana saja. Dan tidak berjenjang. Sehingga cenderung objektif dalam penilaian," paparnya.
Untuk para peserta didik yang berlatih di perguruan pencak silat Cakrabuana, dua kategori, pertama kategori umum atau yang segala sesuatunya ditanggung oleh perguruan, termasuk saat akan mengikuti kejuaraan, berlatih dan lain sebagainya. Dan yang kedua adalah kategori privat, dimana segala biayanya ditanggung oleh orangtua peserta didik. "Ternyata dengan prestasi yang banyak diraih. Sering pentas di berbagai kegiatan. Minat orangtua agar anaknya dilatih silat cukup tinggi. Kami sudah melayai privat juga," terangnya (Ahmad Fauzie Ridwan/bersambung)

Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. mudah-mudahan para petinggi pencak silat atau olahraga yang ada di kabupaten Karawang memperhatikan perguruan-perguruan pencak silat yang ada di Kab. Karawang.Terutama buat Pengcab IPSI Karawang,kalo mau Karawang berprestasi jangan pake sistem 3D (deket, dulur, duit). Karawang ini bukan milik dua perguruan silat aja ????

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template