Mau Makan-makan Harus Lapor Puskesmas Dulu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Mau Makan-makan Harus Lapor Puskesmas Dulu

Mau Makan-makan Harus Lapor Puskesmas Dulu

Written By Mang Raka on Kamis, 27 Oktober 2016 | 15.30.00

-Camat Hamdani Trauma Keracunan Massal

CILAMAYA WETAN, RAKA - Berulangkalinya keracunan massal di Kecamatan Cilamaya Wetan, cukup membuat pusing aparat pemerintah setempat. Untuk menghindari kejadian serupa agar tidak terulang lagi, makanan besar yang akan disajikan di berbagai perayaan seperti Asyura dan Maulid, masyarakat diminta melapor dulu kepada tim medis sebelum sajian dihidangkan.
Camat Cilamaya Wetan Drs Hamdani mengatakan, kejadian keracunan makanan massal yang terjadi di Desa Sukatani adalah kali ke-3 kejadian luar biasa selama dirinya menjabat Camat sejak tahun 2012 lalu. Selain makanan dongkal yang membuat lebih dari 50 warga Desa Tegalwaru, Tegalsari dan Mekarmaya muntah-muntah di tahun 2012 lalu, juga ada keracunan bubur Syura di salah satu Majelis Taklim di Desa Tegalsari yang membuat lebih dari 25 warga dilarikan ke Puskesmas Cilamaya pada tahun 2014.
Terakhir, ini bubur Syura kembali menelan korban dengan indikasi yang sama yaitu campuran buah gadung. Ubi gadung yang tidak diolah dengan baik membuat masyarakat keracunan. "Ini kali ketiga selama saya jadi camat, korbannya juga malah semakin banyak," ungkapnya.
Lebih jauh camat menambahkan, atas kejadian yang sering terulang itu, dia mengingatkan kepada para kades dan masyarakat yang hendak memperingati tradisi besar seperti Asyura, Muharaman, Maulid dan kegiatan lainnya untuk tidak ragu melaporkan jenis makanan yang akan disajikan kepada tim medis seperti puskesmas.
Bahkan, lebih baik lagi jika melaporkan jenis-jenis olahannya sesaat sebelum dimasak. Upaya ini dilakukan agar kejadian keracunan makanan tidak terulang lagi di Cilamaya Wetan. Dirinya juga meminta kesigapan tim medis untuk terus menyosialisassikan makanan dan minuman yang sehat lagi menyehatkan. Tujuannya agar masyarakat bisa sedini mungkin menghindari makanan-makanan yang membahayakan. "Bagi yang mau menyajikan makanan besar di hari-hari besar, saya minta untuk lapor dulu ke tim medis (puskesmas) sebelum disajikan," ungkapnya. (rud)


Keracunan Massal di Cilamaya

2012
Lebih 50 warga Desa Tegalwaru dan Mekarmaya keracunan kue dongkal

2014
25 warga Tegalsari keracunan bubur asyura

2016
92 warga Sukatani keracunan bubur asyura
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template