Mata Pelajaran Ekskul Memicu Kemampuan Siswa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Mata Pelajaran Ekskul Memicu Kemampuan Siswa

Mata Pelajaran Ekskul Memicu Kemampuan Siswa

Written By Mang Raka on Kamis, 20 Oktober 2016 | 12.30.00

KLARI, RAKA – Keberadaan Ekstra Kulikuler di lingkungan sekolah mulai dari tingkat SMP hingga SMK dinilai penting peranannya dalam meningkatkan kualitas pelajar. Seperti halnya Ekskul Rohis (Marawis Gema Sekar) di SMK Sehati Karawang. Sebanyak 36 pelajar disekolah tersebut bergabung dalam ekskul itu.

Wakil Ketua Ekskul Marawis Annisa Nanda, siswi kelas sepuluh, jurusan Farmasi mengatakan, antusias siswa/i tinggi. Hal ini dirasakan, ketika terbentukannya ekskul Rohis Marawis Gema Sekar sejak Januari2015 lalu, kini sudah tercatat 36 siswa/i diberbagai jurusan ikut tergabung. “Mesti awalnya, kami lakukan latihan marawisnya hanya dengan bernyanyi-nyanyi dengan menggunakan nada bertepuk tangan dan sebagiannya memukul bangku yang menjadi nada. Para siswa tetap semangat mengikuti latihan di ekskul ini,” terangnya, Rabu (19/10).
Bahkan, saat ini, guna memfasilitasi siswa agar dapat berlatih dengan maksimal, kini peralatan marawis yang disediakan pihak sekolah telah diadakan. Sehingga yang tadinya pelatihan dilakukan 2 kali dalam seminggu, untuk saat ini dilakukan setiap hari. “Sekarang kami sudah punya alat marawisnya, jadi anggota ekskul sekarang ini lagi semangat semangatnya, sampai sampai latihannya sekarang itu tiap hari,” ucapnya.
Tidak hanya itu, dia menambahkan, ekskul Rohis Marawis Gema Sekar merupakan ekskul yang diikuti seluruh jurusan yang berada di SMk Sehati. Hal ini menjadikan dalam penggolong grup marawis mesti terbagi. “Kami ada dua grup marawis perempuan dan marawis anak laki laki, tetap sama mereka dibawah naungan ekskul Rohis. Untuk anggotanya, yang perempuan kebanyakan dari jurusan farmasi dan untuk laki laki kebanyakan dari jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM) yang ada disekolah ini,” paparnya.
Dia berharap, dengan adanya fasilitas alat marawis yang baru-baru ini dimiliki ekskul Rohis, dapat menjadikan para siswa/i di ekskul marawis mampu mengikuti setiap event yang diadakan pihak pemerintah hingga umum dalam penampilannya. “Kami berharap dengan semangat para anggota seperti ini, bisa mampu tampil saat ada perlombaan di tingkat SMA/SMK, bahkan kita bisa tampil diberbagai acara nantinya,” ucapnya.
Disamping itu, Teja Hudaya, S,pd. Wakasek Kesiswaan SMK Sehati Karawang menyampaikan, bahwasanya, keberadaan ekskul dikalangan para siswa/i yang ada ditingkatan SMA/SMK, merupakan suatu keharusan yang mesti diadakan pihak sekolah. Hal tersebut dapat menjadi sebuah upaya dalam meningkatkan kemampuan para siswa nantinya. “Apapun bentuk Ekstra Kulikulernya semua sama, ini bisa jadi upaya sekolah untuk bisa meningkatkan kemampuan para siswa yang ada disekolahnya itu,” ujarnya.
Selain itu, dia menegaskan, dengan adanya Ekskul yang diadakan pihak sekolah, dapat menyalurkan bakat serta mengalihkan emosional pelajar ke hal yang positif. Hal tersebut sangat dirasakan besar manfaatnya ketika siswa yang berada ditingkatan SMA/SMK menyelesaikan sekolahnya. “Padahal, semangat siswa serta emosional siswa bisa kita arahkan ke hal positif. Maka ini akan menjadi upaya sekolah dalam meminimalisir tindak tanduk siswa yang lebih ke arah yang negative,” pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template