Latihan Kepemimpinan SMK Iptek di Gunung Sempur - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Latihan Kepemimpinan SMK Iptek di Gunung Sempur

Latihan Kepemimpinan SMK Iptek di Gunung Sempur

Written By Mang Raka on Rabu, 19 Oktober 2016 | 14.00.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Sebanyak 82 siswa SMK Iptek Cilamaya mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) akhir pekan kemarin. Kegiatan latihan yang menerapkan sistem teori dan aplikasi tersebut dihelat 2 hari di tempat perkemahan puncak Sempur Loji Kecamatan Tegalwaru.
Koordinator LDKS SMK Iptek Cilamaya Egi Giantara mengatakan, pihaknya mengikutsertakan 82 siswa dan pembina dalam kegiatan LDKS yang kali pertama digelar. Secara umum, teori kepemimpinan sampai administrasi organisasi tersampaikan seharian di sekolah untuk kemudian praktek langsung dengan alam di hari berikutnya di Puncak Sempur Loji. Sesuai tema dalam LDKS tahun ini yaitu mempersatukan tekad dan membentuk jiwa kepemimpinan, hasil dari pelatihan ini dijaminnya mampu diaplikasi langsung di lapangan. Itu sebut Egi, bisa diukur dari indikator cara menganalisis dan memutus keragu-raguan untuk menentukan kebijakan saat segudang media disiapkan dalam penjelajahan. Mereka, dibekali barang-barang mentah dan merembukan hal-hal sebagaimana kesepakatan. Wal hasil, prolog teori yang sebelumnya tersampaikan bisa direalisasikan dimana siswa mampu memimpin kelompok dengan tegas, bijaksana, kreatif dan berakhlak, bahkan lebih jauhnya hasil LDKS ini para siswa lebih terkontrol emosinya. "Anak-anak eskul semua diikut sertakan LDKS, sehari di sekolah sehari di puncak. Ini penting untuk mengukur jiwa-jiwa kepemimpinan yang ada," kata dia.
Ketua Panitia LDKS SMK Iptek Cilamaya, Yoyoh Sopiah Spd mengungkapkan, kegiatan ini digelar sebagai agenda yang akan dirutinkan sekolah setiap tahun. Sebab, LDKS ini mencakup pada kepentingan semua eskul yang ada, mereka sebut guru asal Cipancuh Desa Tegalwaru ini, dilatih oleh para alumni yang sudah sukses dan pemateri internal soal leadership, administrasi organisasi dan keorganisasian sekolah. Dirinya anggap, LDKS ini memang jitu menekan kenakalan remaja dan menjadikan pola pikir siswa lebih dewasa. Apalagi, aplikasi lapangan langsung digelar di alam terbuka, sehingga pemahaman dan daya serap pemahaman LDKS ini lebih terkontrol. "Digelar di alam terbuka, anak-anak bisa lebih percaya diri dan diharapkan cepat tangkap akan materi-materi LDKS-nya," kata dia.
Kepala SMK Iptek Cilamaya Engkos Kosim menuturkan, LDKS ini dianggap penting bagi sekolah, karena menjadi prioritas utama dalam setiap pemeriksaan akreditasi asesor yang mana proposal dan dokumentasinya selalu ditagih. Pihaknya mengapresiasi kegiatan LDKS ini karena mampu membentuk karakter siswa dan lebih fleksibel. Sokongan sekolah dalam pembiayaan tentu saja diperlukan agar setiap tahun LDKS ini bisa digelar dan terbuka bagi siswa di luar ekskul sekalipun.
Pihak sekolah juga tambah Engkos, mendukung pengadaan pemateri LDKS ini diambil dari para alumni yang sudah sukses untuk mentransfer ilmu, baik yang sudah karyawan tetap, di birokrasi maupun perbankan dan kepolisian yang diharapkan menjadi teladan. Bahwa alumni-alumni yang sudah sukses dan malang melintang itu berasal dari siswa-siswa yang aktif berorganisasi dan ikuti eskul di sekolah. Untuk itu, ia berharap kedepan, LDKS bisa terus digelar diberbagai lokasi-lokasi. "Ini sangat membantu membangun karakter dan kepribadian para siswa, untuk itu sekolah sangat mendukung LDKS ini selalu ada setiap tahun," kata dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template