Kades Pesimis DBH Cepat Cair - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kades Pesimis DBH Cepat Cair

Kades Pesimis DBH Cepat Cair

Written By Mang Raka on Sabtu, 22 Oktober 2016 | 13.30.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Dana Bagi Hasil (DBH) realisasi pajak dan retribusi daerah yang dikabarkan bakal cair setengahnya tahun ini, diragukan sejumlah kepala desa. Selain peraturan bupatinya masih belum tersosialisasikan sampai ke tingkat kecamatan dan desa, regulasi untuk porsi-porsi DBH juga selalu berubah-ubah tidak sesuai pagu yang ditetapkan sebelumnya.
Dikatakan Kades Cikalong H Lili Hermanto, Pemkab Karawang masih seperti asal ngomong memberikan harapan DBH, kemarin bilangnya A, besoknya sudah ganti lagi B. Entah kapan ada ujungnya, terlebih soal sumber honor-honor bendahara PBB di tingkat desa.
Pemkab Karawang sebut Lili, seperti tidak punya rasa iba dan prihatin atas nasib bendahara PBB yang 10 bulan belum cair. Di atas terlalu banyak wacana dan rencana, sementara yang di bawah menunggu tanpa ada kejelasan, masih mending dipingpong kalau jelas honor mereka cair.
Kondisi ini kemudian bisa di maklumi dirinya jika seandainya pemasukan PBB tidak maksimal di desa-desa, karena saran penunjangnya berupa honor saja sulit. "Kasihan mereka, pemkab seperti gak punya rasa atas keprihatinan bendahara PBB yang tak kunjung cair honornya," ungkapnya.
Lili menambahkan, DBH memang menjadi perbincangan, apalagi kebijakannya terus menuai kontroversial paska pemangkasan dan hak-hak desa dikurangi. Karenanya ketidakjelasan aturan sejauh ini meyakinkan dirinya bahwa realisasi pencairan DBH yang non fisik itu tidak bakalan cair cepat, atau bisa jadi tidak akan cair tahun ini. "Saya gak yakin bisa cair, orang kebijakannya saja belum jelas tersosialisasikan maksimal," ungkapnya.
Bendahara PBB Desa Rawagempol Wetan Mashudi mengatakan, honornya lama tak dicairkan akibat imbas Apdesi-BPMPD yang membolak-balikan sumber penghasilannya. Dia tegaskan, terserah honor bendahara pemungut pajak PBB dari DBH atau DPPKAD, tapi tidak plin-plan dibolak-balik sementara uangnya tidak turun-turun. Di sisi lain bendahara PBB tidak punya power semisal forum untuk memperjuangkan persoalan ini. "Kita gak punya forum, kan yang awalnya Apdesi-BPMPD yang usulkan honor PBB kesana dan kemari, sementara honornya belum cair-cair," ungkapnya.
Terpisah, Kasie Ekbang Kecamatan Cilamaya Kulon Enday Syamsidar mengatakan, soal DBH memang kabarnya akan cair, namun sejauh ini perbup yang sudah diterbitkan soal DBH saja belum turun, berapa nomornya, isinya apa saja. "Jangankan bicara cair, perbupnya juga belum nyampe Kecamatan," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template