Kades Bangun Bak Penampung Air Seharga Rp 40 Juta - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kades Bangun Bak Penampung Air Seharga Rp 40 Juta

Kades Bangun Bak Penampung Air Seharga Rp 40 Juta

Written By Mang Raka on Sabtu, 22 Oktober 2016 | 14.30.00

TEGALWARU, RAKA - Bak penampung air di Kampung Cacaban, Desa Cintalanggeng, rampung dikerjakan, Jumat (21/10). Bak yang dibangun melalui dana desa ini keberadaannya disambut positif warga karena selain untuk kebutuhan manci cuci kakus air kadang dipergunakan juga oleh petani untuk mengairi sawahnya.

Pemerintah Desa Cintalanggeng membangun bak penampung air bersih sebagai upaya agar kedepannya persoalan air di wilayah itu teratasi. Bahkan keberadaan bak penampung yang berdiri tepat di mulut jalan utama Desa Cintalanggeng cukup membantu masyarakat dan petani hingga aktivitas mereka selain cuci piring pakaian juga hanya kebutuhan air di rumah nya masing-masing. Petani pun rasakan dampak dari keberadaan bak penampung itu karena selepas mereka beraktivitas selepas itu bak penampung air jadi tempat mereka lakukan kegiatan bersih-bersih badan serta pakaiannya.
Itoy (42), petani Cirawa, Desa Cintalanggeng mengatakan bak penampung itu di bangun tepat dengan keinginan warga yang lain karena tempat strategis juga keberadaannya memang inisiatif warga juga.Dirinya pun menjadi salah satu warga yang rasakan dampak dari keberadaan bak penampung tersebut. "Kalau menghadapi kemarau seperti tahun kemarin jadi tidak merasa repot lagi, karena jarak warga ketika membutuhkan air tidak terlalu jauh," katanya.
Sugra (37), pedagang bensin warga sekitar mengakui saat ini kegunaan bak penampung tersebut jauh dari kata terpakai dengan baik. Tapi saat ini pun sering di pergunakan oleh warga apalagi menurutnya jika kemarau pasti malah menjadi pusat kegiatan masyarakat. "Sekarang manfaatnya malah karena musim hujan maka warga engga terlalu banyak manfaatkan air dan sekarang malah petani yang manfaatkan keberadaan bak karena persawahan warga dekat dengan ladang persawahan milik beberapa masyarakat Desa Cintalanggeng," akunya.
Kepala desa Cintalanggeng, Emuh menerangkan pengelolaan bak penampung air bersih itu hasil anggaran dana desa. Bak dibangun melalui hasil musyawarah Badan Perwakilan Desa juga Lembaga Perwakilan masyarakat Desa Cintalanggeng. Manfaat dibangun bak itu memang disiapkan untuk kebutuhan masyarakat baik petani maupun masyarakat. "Anggaran yang dibuatkan pada Bak penampunga itu Rp 22 Juta dan pembelian pipa untuk saluran air belum dibuatkan draft nya tapi total anggaran sekitar Rp 40 juta," ujar Emuh. (yfn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template