Jembatan Kamurang-Parakan Akhirnya Direhab - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jembatan Kamurang-Parakan Akhirnya Direhab

Jembatan Kamurang-Parakan Akhirnya Direhab

Written By Mang Raka on Rabu, 05 Oktober 2016 | 15.00.00

-Bisa Dilintasi 5 Hari Lagi

TIRTAMULYA, RAKA - Satu minggu kedepan, warga Kamurang dan Parakan memiliki jembatan penghubung, setelah berbulan-bulan rusak karena dihantam arus irigasi yang dipenuhi eceng gondok.
"Jembatannya rusak. Padahal itu sangat vital untuk aktivitas warga Kamurang dan Parakan," ujar Ketua UPK Tirtamulya Kasmin kepada Radar Karawang, Selasa (4/10).
Dia menyampaikan, pembangunan jembatan tersebut diprakarsai oleh UPK Tirtamulya, dengan melibatkan pemerintahan dua desa dan tokoh masyarakat dari dua desa. Bahkan pembangunan sudah mulai berjalan sejak satu minggu silam. "Sekarang tahap pengerjaan. Kami ingin masyarakat sekitar terlibat dalam membangun jembatan. Agar rasa memilikinya tinggi. Sehingga warga bisa menjaga jembatan dengan baik," ujarnya.
Menurutnya UPK hanya menyuplai material yang dibutuhkan untuk pembangunan jembatan tersebut. Sementara untuk tenaganya melibatkan masyarakat dari dua desa. Sementara di lapangan, dikomandoi oleh Badan Kerjasama Desa (BKD). "BKD dari Parakan Pak Tarjono dan dari Kamurang, Pak Asmara Permana yang juga wakil ketua BPD Kamurang," ucapnya.
Sifat gotong royong warga Parakan dan Kamurang cukup baik. Bahkan, pembangunan cukup berjalan dengan baik. Diperkirakan, pembangunan jembatan tersebut 4 sampai 5 hari lagi selesai dan bisa langsung digunakan. "Konstruksinya dengan pagar besi, jadi itu semi permanen. Panjangnya 33 meter, dan lebarnya 1,2 meter," ujarnya.
BKD Parakan Tarjono menyampaikan, saat akses jembatan dibetulkan, warga Kamurang dan Parakan termasuk untuk sementara tidak bisa melintasi jalan tersebut. Tetapi harus berputar ke lapangan Trisakti yang ada di jalur utama Desa Parakan. "Harus muter. Yang kami khawatirkan kalau turun hujan. Jalan ke lapangan Trisakti sangat licin. Warga pasti sulit melintas. Apalagi kalau memakai kendaraan," paparnya.
Pegawai lapangan, Yudi menyampaikan, warga harus bersabar 4 sampai 5 hari kedepan. Karena proses perbaikan jembatan sedang berjalan. Materialnya besi, jadi dilakukan pengelasan. Kalau pengelasan sudah selesai, maka secara otomatis jembatan tersebut sudah bisa dilintasi. "Paling 4 sampai 5 hari lagi. Karena bukan coran. Tapi besi, kalau sudah selesai dipasang dan dilas. Bisa langsung digunakan," ujarnya singkat. (zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template