Jatah Puskesmas Rp 54 M per Bulan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jatah Puskesmas Rp 54 M per Bulan

Jatah Puskesmas Rp 54 M per Bulan

Written By Mang Raka on Kamis, 27 Oktober 2016 | 19.32.00

-Silpa Dana Kapitasi 2015 Rp 18 Miliar

KARAWANG, RAKA - Memiliki dana besar ternyata tidak mampu diserap sepenuhnya oleh puskesmas. Buktinya, dari tahun 2014 hingga 2015, dana kapitasi tersisa Rp 18 miliar.
Anggota DPRD Karawang, Asep IB mengatakan, sisa lebih perhitungan anggaran (silpa) yang bersumber dari kapitasi, menunjukan pengelolaan anggaran di setiap puskesmas tidak maksimal. "Jangan sampai hanya fokus dalam penggunaan anggaran untuk gaji saja. Sedangkan dana layanan tidak digunakan maksimal," ujarnya, kemarin.
Ia merinci, 60 persen dana kapitasi digunakan untuk gaji karyawan, sedangkan sisanya untuk keperluan layanan masyarakat. "Saat digelar rapat badan anggaran, Dinas Kesehatan mengakui memiliki silpa Rp 18 miliar dari dana kapitasi, yang tersimpan di setiap puskesmas di Karawang sebanyak 50 puskesmas," katanya.
Ia melanjutkan, tahun ini dana kapitasi dipastikan lebih besar, karena ada peningkatan setoran peserta BPJS Kesehatan. Meski begitu, sebesar apapun dana yang diterima puskesmas, akan percuma jika tidak bisa menggunakannya. "Kita akan mengawasi secara ketat keberadaan dana kapitasi," jelasnya.
Sekretaris Dinas Kesehatan Karawang, Nurdin Hidayat mengatakan, dana kapitasi Januari hingga Juni 2014, semuanya digunakan untuk keperluan Dinas Kesehatan dan puskesmas. "Dana kapitasi Karawang menerima sekitar Rp 54 miliaran setiap bulannya," terangnya. (dri)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template