Jadi Bidan Tak Mudah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jadi Bidan Tak Mudah

Jadi Bidan Tak Mudah

Written By ayah satria on Rabu, 05 Oktober 2016 | 21.00.00

KARAWANG, RAKA - Menjadi seorang bidan, perawat atau dokter tak semudah yang dikira. Sebelum mengambil tindakan medis, dokter harus teliti dan memberikan hak informasi yang jelas perihal penyakit yang diderita oleh pasien. Keselamatan pasien menjadi prioritas. Hal tersebut disampaikan oleh Milla Ocktaviani, yang saat ini sedang menimba ilmu dunia kesehatan di STIKES Kharisma Karawang.
Gadis manis kelahiran 27 Oktober 1993 tersebut juga menyampaikan, bahwa seorang pasien memiliki hak untuk menyetujui tindakan medis yang akan dilakukan oleh dokter atas penyakit yang dideritanya, hak untuk memberikan persetujuan dalam bentuk informed consent jika sebelumnya pasien dalam keadaan pingsan. “Hak untuk dirahasiakan selamanya tentang keadaan kesehatan termasuk data-data medis yang dimilikinya, hak atas itikad baik dari dokter, hak untuk mendapatkan pelayanan medis sebaik-baiknya, serta hak untuk menolak tindakan medis yang akan dilakukan terhadap dirinya juga merupakan bagian dari hak seorang pasien. Maka dari itu, kami tidak sembarangan dalam bertindak,” katannya.
Tak hanya itu, bagi wanita yang memiliki hobi berenang tersebut, seorang pasien juga harus memberikan informasi yang lengkap dan jujur mengenai penyakit yang dideritanya, mematuhi nasihat dan instruksi yang diberikan oleh dokter, serta menghormati privasi dokter yang mengobatinya. Karena jika hal tersebut tidak dilakukan, di khawatirkan akan terjadi sesuatu terhadap pasien. “Kami selalu berharap dengan adanya kami di tengah-tengah masyarakat, bisa memberikan manfaat yang begitu luar biasa. Sehingga masyarakat bisa sedikit terbantu dalam segi kesehatan. Jika masih ada salah satu diantara kami yang tidak bisa menolong karena factor ekonomi. Maka tegurlah dan ingatkan akan janji dan sumpahnya saat dia lulus,” pungkasnya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template