Jabar Kawinkan Juara Umum PON dan Peparnas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jabar Kawinkan Juara Umum PON dan Peparnas

Jabar Kawinkan Juara Umum PON dan Peparnas

Written By Mang Raka on Selasa, 25 Oktober 2016 | 18.50.00

Tahun 2016 menjadi tahun berkah bagi para atlet Jawa Barat. Latihan keras yang mereka lakukan dibayar tuntas dengan prestasi gemilang di Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 Jawa Barat.
Kontingen tuan rumah, Jawa Barat sukses mengawinkan gelar juara umum pada PON dan Peparnas ini. Sejak awal, Jabar memang melejit pada Peparnas kali ini. Mereka bahkan sukses meraih 113 medali emas, 64 perak, dan 46 perunggu pada Kamis 20 Oktober lalu. Kini, hingga penutupan, Senin (24/10), tuan rumah semakin kokoh. Mereka sukses mengamankam 177 emas, 104 perak dan 74 perunggu. Jabar total meraup 355 medali. Prestasi ini cukup membanggakan. Apalagi, pada empat tahun lalu, tim Peparnas Jabar hanya ada di posisi runner-up. Selain itu, keberhasilan Peparnas Jabar juga menambah kesuksesan tahun ini. Sebelumnya, mereka juga sukses jadi juara umum di PON 2016, dengan perolehan 195 medali emas, 134 medali perak, dan 135 medali perunggu.
Ketua Umum Pengurus Besar Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV 2016, Ahmad Heryawan (Aher) merasa lega dengan tuntas dan suksesnya penyelenggaraan helatan olahraga, bagi kalangan disabilitas tersebut. Aher yang juga Gubernur Jawa Barat itu mengungkapkannya di depan ribuan orang yang hadir, dalam upacara penutupan Peparnas XV 2016 di Stadion Siliwangi Bandung, Senin (24/10) petang.
"Rasanya telah membayar lunas kerja keras yang telah disiapkan selama dua tahun lebih. Upaya sungguh-sungguh penyelenggaraan PON dan Peparnas ini, semoga tercatat dalam sejarah nasional sebagai penyelenggaraan terbaik dan jadi legenda olahraga ke depan," ungkap Aher.
Lebih jauh, lanjut dia, keseriusan PB Perparnas dalam menyelanggarakan helatan olahraga, itu benar-benar menjadi awal kebangkitan dunia olahraga bagi masyarakat berkebutuhan khusus. "Semoga ini menjadi momentum kebangkitan olahraga, khususnya olahraga paralimpik," harapnya.
Terlebih, lanjut dia, dalam sepekan penyelenggaraan Peprarnas XV ini, telah berhasil memecahkan 104 rekor baru, baik rekor nasional maupun internasional. "Ada atlet peraih tiga medali emas di Peparnas 2016, yang sama raihannya di PON (XIX 2016) kemarin," katanya.
Peparnas XV ini, lanjut dia, semakin membuka mata banyak kalangan, di mana kaum disabilitas mampu menunjukkan prestasinya bagi bangsa Indonesia. "Berjaya di Tanah Legenda, semoga diiringi dengan catur sukses, sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses ekonomi, dan sukses administrasi. Namun di Peparnas XV ini melahirkan sukses kelima, yaitu sukses edukasi," papar Aher.
Sukses edukasi, jelas dia, Peparnas XV telah melahiran kesadaran kolektif, pengakuan terhadap eksistensi bagi kalangan disabilitas. Pada saat yang sama, pelajaran yang dapat diambil yakni keterbatasan bukanlah penghalang. "Kerja keras di tengah keterbatasan sungguh telah menjadi inspirasi bagi kami. Mudah-mudahan jadi kebaikan dunia akhirat bagi kami," ungkap Aher (ies/rl/psn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template