Iwapa Dituding Halangi Penertiban PKL - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Iwapa Dituding Halangi Penertiban PKL

Iwapa Dituding Halangi Penertiban PKL

Written By ayah satria on Rabu, 05 Oktober 2016 | 20.51.00

Pedagang Pasar Rebo: Kami Ingin Renovasi, Bukan Relokasi

PURWAKARTA,RAKA - Ikatan Warga Pasar (Iwapa) Pasar Rebo dituding menghalang-halangi proses penertiban pedagang kaki lima (PKL) di Pasar Rebo. Iwapa meminta agar penertiban ditunda.
Namun, Ketua Ikatan Warga Pasar (Iwapa) Pasar Rebo, H. Zaenal Muttaqien menegaskan, pihaknya tidak menghalang-halangi penertiban pengelolaan parkir dan PKL yang dilakukan Pemkab Purwakarta di sekitar Pasar Rebo, Senin (1/10) kemarin. "Dalam pemberitaan disejumlah media massa, kesannya Iwapa yang dikambinghitamkan menghalangi penertiban parkir dan PKL di Pasar Rebo. Sejak awal kita sudah respon rencana penertiban tersebut," kata Kang Zaenal, Selasa (4/10).
Menurutnya, Iwapa dari awal sudah sepakat jika para pedagang kaki lima yang berjualan di atas trotoar dan badan jalan serta pengelolaan parkir yang tidak tertib, segera ditertibkan. "Hanya saja perlu dipikirkan bersama, penempatan para PKL. Kalau memang harus dimasukan ke dalam pasar itu juga perlu di komunikasikan dulu dengan para pedagang yang ada. Kalau pengelolaan perparkiran itu bukan domain Iwapa, silahkan saja dikoordinasikan," jelasnya.
Hanya saja, kata Zaenal, hari ini pihaknya belum menemukan tempat strategis pemindahan PKL. "Makanya kami sedang berembug dulu bagaimana, mau dipindah kemana. Solusi sementaran mereka kami pindahkan ke dalam, itupun dengan harapan masih ada tempat kosong bagi puluhan PKL yang berjualan di trotoar dan badan jalan," ujarnya.
Zaenal kembali menyinggung keinginan warga dan pedagang Pasar Rebo yang tergabung dalam Iwapa. "Dari dulu kita ingin tertib, tapi sekali lagi perlu diingat, bukan relokasi, tapi renovasi pasar," tegasnya.
Sebelumnya, penertiban PKL dan pengelolaan parkir di Pasar Rebo batal digelar. Padahal, sedianya para PKL ini sudah sepakat akan meninggalkan lapaknya. "Kami dari Satpol PP, dishub dan dinas perdagangan semula mau tertibkan PKL hari ini, para PKL juga sepakat. Namun Ikatan Warga Pasar (Iwapa) Pasar Rebo justru minta penertiban diundur hingga minggu depan," ujar Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban (Trantib) Satpol PP Purwakarta, Aulia Pamungkas.
Diketahui, selama ini, kawasan Pasar Rebo jadi titik lalu lintas paling padat di Purwakarta. Parkir motor, sopir angkot yang mencari penumpang hingga hilir mudik warga ke tengah jalan karena trotoar sudah tertutup PKL. "Untuk angkutan kota jurusan Wanayasa-Purwakarta kini tidak boleh lewati Pasar Rebo, cari penumpang di Pasar Simpang saja," ujar Kepala Bidang Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan Purwakarta, Jaya Pranolo. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template