Ibu Rumah Tangga dan Tukang Sampah Kena Kaki Gajah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ibu Rumah Tangga dan Tukang Sampah Kena Kaki Gajah

Ibu Rumah Tangga dan Tukang Sampah Kena Kaki Gajah

Written By Mang Raka on Rabu, 19 Oktober 2016 | 13.30.00

CIKAMPEK, RAKA - Dua orang warga Cikampek positif menderita kaki gajah. Saat ini Puskesmas Cikampek melakukan sosialisasi filariasis (kaki gajah) dalam kegiatan minggon kecamatan.
"Ini sosialisasi di tingkat kecamatan. Nanti kami akan sosialisasi ke desa-desa dengan menghadirkan para bidan desa. Sehingga saat action pembagian obat filariasis bisa berjalan lancar," ujar Petugas Pemberantasan Penyakit Menular (P2M) Puskesmas Cikampek, Ade Ruhyana kepada Radar Karawang, Selasa (18/10).
Dia menyampaikan, ada dua orang yang menderita penyakit kaki gajah. Yaitu laki-laki dan perempuan, mereka berdua usianya diatas 50 tahun dengan lama penyakit 5 tahun. Itu artinya, sebelum adanya program pencegahan filariasis di Karawang, mereka sudah terjangkit filariasis. "Dua orang penderita filariasis, itu sudah kronis, karena sudah di atas 5 tahun. Tapi sudah tidak menular," ujarnya.
Ia melanjutkan, penyakit kaki gajah ketika sudah di atas lima tahun maka sudah tidak menular. Dia mengaku pihak puskesmas juga sudah melakukan kunjungan. Bahkan sudah dilakukan upaya pengobatan terhadap mereka berdua, tetapi hasilnya tidak berpengaruh apa-apa.
"Dulukan sudah ada pengobatan sekitar tahun 2012. Kerjasama dengan pihak Klinik Sehat Dawuan bagi penderita filariasis se Karawang. Tapi hasilnya kalau untuk Kecamatan Cikampek tidak berhasil. Kalau untuk kabupaten silahkan konfirmasi ke dinas," jelasnya.
Kedua orang penderita filariasis tersebut adalah warga Desa Cikampek Kota dan Desa Dawuan Tengah. Untuk warga Cikampek Kota profesinya tukang sampah, sedangkan untuk warga Dawuan Tengah adalah ibu rumah tangga. "Untuk yang Dawuan Tengah. Dia pendatang. Saat datang ke Dawuan juga dia sudah terkena filariasis," ujarnya.
Camat Cikampek Asep Supriadi menyampaikan, bagi warga Cikampek harus mengikuti arahan yang disampaikan oleh pihak puskesmas. Hal itu penting dilakukan agar tidak terjangkit penyakit filariasis. "Untuk warga, saya menghimbau agar mengikuti arahan dari pihak puskesmas. Tentu melalui bidan-bidan desa," ujarnya singkat. (zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template