Hias Perahu Nadran Bisa Habis Jutaan Rupiah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hias Perahu Nadran Bisa Habis Jutaan Rupiah

Hias Perahu Nadran Bisa Habis Jutaan Rupiah

Written By Mang Raka on Selasa, 11 Oktober 2016 | 15.30.00

TEMPURAN, RAKA- Perahu-perahu di laut Ciparagejaya Kecamatan Tempuran nampak cantik penuh hiasan dibanding hari-hari biasanya. Pemandangan ini hanya nampak saat nadran laut atau sering akrab disebut lebaran nelayan. Selain pernak-pernik warna bendera dan buah-buahan hingga botol minuman air mineral, sound system dan DVD yang memutar musik-musik panturaan khas Cirebonan juga ikut mejeng di atas perahu-perahu dibawah 7 Grosston tersebut. Ternyata, bukan hal murah menghias perahu, sebab, para juragan perahu sengaja bersaing mempercantik di hari Nadran, walau sampai merogoh duit lebih dari Rp 2 jutaan.
Tokoh masyarakat Ciparagejaya, H Ikin Sodikin menuturkan, jumlah perahu di Ciparagejaya ini mencapai 350 unit. mereka lalu lalang setiap harinya untuk mencari ikan. Namun, dari jumlah tersebut, hanya juragan perahu berkantong tebal yang bisa mendandani perahunya dengan cat baru, buah-buahan hingga pernak-pernik hiasan saat menyambut Nadran. Ia menyebut, hanya sekitar 200 unit lebih perahu yang dihias dan ikut mengiringi kemeriahan nadran, bukan saja ikuti arak-arakan larung kepala kerbau, tetapi juga untuk menyedot perhatian pengunjung agar menggunakan jasa perahunya ke tengah lautan. "Dari 350 an, paling 200 unit perahu saja yang dihias," kata mantan Kades Ciparagejaya ini.
Sementara itu, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Karawang, Jejen Zaenal Mutakin mengatakan, saat nadran laut, para juragan perahu ini bisa dikatakan bersaing "saling memanas manasi" dalam menghias perahu. Meskipun tidak dilombakan, wujud pesta dan kegembiraan ini juga bisa menyedot para pengunjung ikut serta menyaksikan pelepasan kepala kerbau di laut Ciparagejaya ini. Bayangkan, dalam satu perahu sebut Jejen, juragan perahu bisa menghabiskan lebih dari Rp 2 juta untuk sebatas menghias perahu. Mulai dari cat baru, buah-buahan yang bergelantungan, bendera, minuman pemanis hingga full musik dan sound system di sepanjang perjalananan. Semua itu dilakukan sebagai ungkapan syukur saja dan memeriahkan nadran laut Ciparagejaya saat ini. "Itu juragannya mah bersaing ingin paling bagus hiasannya tuh, satu unit juga bisa habis Rp 2-4 jutaan menghias perahu doang," kata dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template