Got Mampet, Buana Tamansari Banjir - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Got Mampet, Buana Tamansari Banjir

Got Mampet, Buana Tamansari Banjir

Written By ayah satria on Kamis, 06 Oktober 2016 | 17.24.00

KARAWANG, RAKA - Selain Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang harus diserahkan pengembang perumahan (developer) kepada pemerintah daerah, fasilitas umum lain yang juga dilimpahkan adalah jalan umum, penerangan jalan umum (PJU) dan saluran air atau drainase, selain tempat ibadah.
Terhadap fasilitas-fasilitas ini warga bisa mengajukan permohonan pengadaan perbaikan melalui Dinas Cipta Karya (DCK) sebagai lembaga terkaitnya. Setidaknya, itupun setelah ada rembukan atau warga yang meminta perbaikan kepada pengembang perumahan. Seperti terjadi di lingkungan perumahan Buana Tamansari, Rabu (5/10) malam. Kondisi sistem drainase yang buruk acapkali menjadikan lingkungan perumahaan ini menjadi langganan banjir. Sedikit saja hujan banjir pun terjadi.
Bahkan hingga diatas mata kaki orang dewasa. Terutama pada bagian depan lingkungan perumahaan, hanya berjarak kurang lebih 100 meter dari gerbang masuk perumahaan.
"Disini selalu banjir karena memang pertama saluran air disepanjang perumahan Buana Tamansari kecil, ditambah lagi, jalannya juga cekung. Jadi ketika hujannya cukup memakan waktu berjam jam, dipastikan air akan menggenangi jalan ini," tutur Arip, petugas keamanan Perumahan Buana Tamansari, sebelumnya.
Arif mencermati jika saluran airnya dibenahi kemungkinan itu bisa mengurangi kemungkinan terjadi genangan air. Dan itupun mesti dibarengi dengan perbaikan kondisi cekung jalan utama. Sehingga tidak menjadi wadah penampung air ketika hujan turun. Hanya saja, Arif membenarkan, memang air belum ada yang sampai merendam bagian dalam rumah warga. "Kalau banjir disini untuk rumah warga perumahan sih belum pernah, tapi kalau genangan air disepanjang jalan memang seperti ini setiap hujan juga," katanya.
Sebelumnya, hal senada juga diungkapkan Yusup, warga Blok B. RT 23 RW 03, disela sela kesibukannya berbelanja ke Alfa Mart yang berada di dalam perumahan. Genangan air yang terjadi disepanjang jalan perumahan Buana Tamansari, tidak lain disebabkan drainase saluran diperumahan ini, cukup kecil. Padahal, ketika debit air meningkat terjadi peluapan.
Berdasarkan pengamatan RAKA, selain kondisi cekung jalan dan lebar drainase yang kecil juga potensial menyebabkan banjir karena debit air yang tumpah tidak mampu ditampung saluran air. Selain itu, bangunan-bangunan disisi jalan juga menutupi sebagian drainase sehingga air yang tertumpah menjadi tidak leluasa lantaran terhalang bangunan. Warga sendiri memiliki program rutin kerja bakti membersihkan saluran air. Namun upaya warga sepertinya belum mampu jadi solusi untuk menjadikan lingkungan perumahaannya bebas banjir.
Sementara, hingga kemarin malam belum ada upaya-upaya yang dilakukan baik dari pihak perumahaan ataupun warga melakukan inisiasi pengentasan banjir dilingkungan perumahaan Buana Tamansari. (ian/ari)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template