Ekskul MI Al Ianah Mengacu Kepada Kurtilas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ekskul MI Al Ianah Mengacu Kepada Kurtilas

Ekskul MI Al Ianah Mengacu Kepada Kurtilas

Written By Mang Raka on Rabu, 26 Oktober 2016 | 12.00.00

KLARI, RAKA – Biasanya, kegiatan ekstra kurikuler hanya dilakukan para siswa ditingkat SMP hingga SMA/SMK. Namun berbeda Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Al Ianah Kosambi, Desa Duren. Sebanyak 8 bidang ekstra kurikuler di sekolah tersebut diikuti seluruh siswa. Untuk kegiatan ekskul tersebut dilakukan setiap minggu sekali secara serempak.

“Kami sudah menggunakan Kurikulum tiga belas (Kurtilas), jadi untuk kegiatan ekskul dilakukan setiap hari sabtu seminggu sekali. Itu dilakukan serempak oleh seluruh siswa yang  mengikuti diberbagai bidang olahraga yang ada di ekskul,” tutur Ayip Yusup Spd, guru di sekolah tersebut, ketika ditemui Radar Karawang, Selasa (25/10).
Menurutnya, untuk kurikulum tiga belas, lebih dominan terhadap pengembangan kemampuan siswanya, maka dengan adanya berbagai ekstra kulikuler yang ada disekolah MI Al Ianah Kosambi, bertujuan agar seluruh siswa yang ada disekolahnya, dapat ditingkatkan kemampuan dan skil para siswa dibidang olahraga. “Jadi, sekolah kami memang ada ekskulnya, untuk mewadahi siswa dalam belajar dibidang olahraga,” ucapnya.
Maka dari itu, dia menyampaikan, untuk ekstrakulikuler yang diadakan dilingkungan sekolahnya, tidak hanya bidang olahraga. Namun, dibidang musik pun diadakannya. “Ekskul yang ada disekolah ini terdiri dari olahraga Voli, futsal, tekwondo, pencak silat, mawaris, angklung, pramuka dan PMR, itu diikuti oleh seluruh siswanya,” paparnya.
dia menambahkan, kegiatan olahraga yang dilakukannya  dilingkungan halaman kantor kecamatan Klari, merupakan mata pelajaran Olahraga yang diikuti oleh siswa yang berada dikelas enam. Hal tersebut, dikarenakan bagi siswa kelas 3 hingga kelas 6, mata pelajaran yang diberlakukan masih dilakukan KTSP, bukanlah Kurtilas. “Untuk saat ini, bukan kegiatan ekskul, tapi ini merupakan mata pelajaran olahraga, yang dilakukan anak kelas enam, karena untuk kegiatan ekskul sendiiri kami sudah memiliki lahan khusus,” ujarnya.
Sementara Azahra siswi kelas 6 MI AL Ianah Kosambi, yang aktif di Ekskul pencak silat mengatakan, kegiatan olahraga yang dilakukannya bersama teman seangkatannya yang masih duduk dikelas 6 Sekolah Dasar tersebut, merupakan kegiatan mata pelajaran olahraga.  “Kalau ini, kami sedang mengikuti  praktek mata pelajaran olahraga,” terangnya.
Kendati demikian, dia menyampaikan, untuk kegiatan ekskul yang dilakukannya tersebut, dilakukan setiap seminggu sekali. Hal tersebut dilakukan secara serempak oleh semua ekskul yang ada disekolah ini. “Aku aktif di ekskul pencak silat, untuk kegiatan ekskulnya setiap hari sabtu, pull dari pagi sampai sore,” pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template