Drainase Lapangan Karangpawitan Jadi Tong Sampah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Drainase Lapangan Karangpawitan Jadi Tong Sampah

Drainase Lapangan Karangpawitan Jadi Tong Sampah

Written By Mang Raka on Rabu, 12 Oktober 2016 | 12.00.00

KARAWANG, RAKA - Kurangnya kesadaran pengunjung dan pedagang sekitar Lapangan Karangpawitan mengakibatkan saluran air terhambat oleh tumpukan sampah. Hal itu terlihat dibagian drainase yang tidak tertutup. Sampah yang menumpuk mencapai 30 cm dari permukaan saluran.

Tukang ojek Karangpawitan, Atam (44) megatakan, untuk saluran di sekitaran karangpawitan seolah tidak diurus. Padahal saluran air tersebut berpotensi menyebabkan banjir disekitar lingkungan tersebut. Melihat jenis sampah yang mengotori saluran sepertinya itu sampah buangan pedagang. Mestinya pedagang membawa tong sampah sendiri sehingga sampahnya tidak ikut mengotori lingkungan. "Kurang ada kepedulian dari pedagang sekitar untuk membuang sampah," ucapnya kepada Radar Karawang (11/10).
Ia mengatakan kita tak bisa menyalahkan pemerintah untuk masalah sampah, seharusnya kesadaran seseorang itu tumbuh untuk peduli akan lingkungan sekitar. Jangan hanya memanfaatkan lokasi tetapi kebersihannya tidak dijaga. Padahal kalau kebersihannya terjaga lingkungan bukan saja bersih tetapi juga nyaman. "Dagang boleh,  maen juga boleh, tapi kebersihan juga harus dijaga supaya kalau diliatkan enak jadinya," ucapnya.
Masih dikatakan Atam, dirinya sering melihat pengunjung dan pedagang yang buang sampahnya disaluran air di dekatnya. Itu bukti minimnya kepedulian kebersihan lingkungan mereka. Sehingga mengakibatkan drainase Lapangan Karangpawitan tidak terurus. "Kalau hujan satu jam saja air dari selokan meluap kejalan. Karenanya saya meminta agar para pengunjung khususnya para pedagang untuk lebih sadar akan kebersihan," tambahnya.
Secara terpisah, pedagang nasi uduk kuning disekitar Karangpawitan Rudi (24) mengatakan, biasanya untuk petugas kebersihan itu ada. Tugasnya bebersih menyapu sampah bekas pengunjung dan dedaunan yang jatuh disekitar Lapangan Karangpawitan. Tetapi tugasnya tidak rutin setiap hari. "Saya berharap untuk pembersihan agar rutin dilakukan, mengingat sekarang masih musim hujan suka terjadi banjir karena tersumbat sampah, air dari solokan jadi meluap," ucapnya.(mg2)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template