Di Desa Karyamukti Ada Rapat Minggon Dusun - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Di Desa Karyamukti Ada Rapat Minggon Dusun

Di Desa Karyamukti Ada Rapat Minggon Dusun

Written By ayah satria on Kamis, 06 Oktober 2016 | 17.37.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Bukan hanya kecamatan yang sering kali programkan minggon keliling antardesa, tetapi juga pemerintah desa yang keliling rapat antar dusun. Salah satunya yang dilakukan Pemerintah Desa Karyamukti Kecamatan Lemahabang. Rabu pagi, kades dan semua perangkatnya menggelar minggon desa di Dusun Peundeuy 1 di rumah-rumah warga.
Tokoh masyarakat Dusun Peundeuy 1, Tata mengapresiasi upaya pemerintah desa yang menggelar rapat penyampaian program-program untuk masyarakat keliling dusun. Dirinya tak terbiasa ikuti rapat, namun mendadak diundang rapat di dusun untuk mendengarkan paparan program. Walhasil memang kegiatan ini cukup baik meskipun digelar di dekat warung-warung. Tapi cukup khidmat dan diharapkan untuk selalu menghadirkan masyarakat. Ia doakan, lanjut Tata, semoga minggon keliling dusun ini selalu rutin dan setiap program sukses memajukan desa. "Saya diundang ikut kegiatan ini, ternyata sangat baik soal paparan program, saya doakan semoga pemerintah desa selalu sukses dan lancar," harap dia.
Ketua Karang Taruna Desa Karyamukti, Ade mengatakan, minggon keliling dusun ini bisa dikatakan satu-satunya dilakukan Desa Karyamukti dibanding desa lainnya di Kecamatan Lemahabang. Inisiatif kegiatan yang datang langsung dari pemerintah desa patut diapresiasi. Debab dengan minggon di rumah-rumah warga, setidaknya menjadi ajang jemput bola menyerap dan mensosialisaikan program desa yang selama ini monoton selalu digelar di kantor desa. Positifnya sebut Ade, jika di kantor desa yang hadir hanya itu-itu saja, tapi saat minggon keliling ini tokoh dan masyarakat kadusunan diikutsertakan sehingga bisa menambah semangat untuk sharing program-program pemerintah.
Apalagi sebut Ade, semenjak pemerintahan desa ini dipimpin kades Idha Komara, jalinan antardusun semakin terjaga, buktinya tidak ada lagi tawuran antarkampung yang merugikan masyarakat, sehingga kondusifitas terjaga dengan baik. "Mungkin di Lemahabang, cuma Karyamukti yang minggon keliling antardusun, ini program yang baik dalam menjalin komunikasi dengan masyarakat di tiap-tiap dusun," ungkapnya.
Sementara itu, Kades Karyamukti, Idha Komara mengatakan, minggon antardusun ini baru digelar bulan ini. Di dusun Peundeuy 1, adalah kali kedua setelah sebelumnya digelar di Dusun Peundeuy 2 yang dihadiri Camat Lemahabang langsung. Tanpa intruksi pihak kecamatan sekalipun, desa inisatif sendiri menggelar minggon keliling dusun ini, sebab dirinya ingin memberikan pendampingan dan menjalin kedekatan dengan masyarakat tanpa ada jarak. Apalagi ini urusannya dengan tanggungjawab untuk mencari solusi menyelesaikan permasalahan desa. Perbauran minggon keliling dusun antara perangkat dengan tokoh dan masyarakat dusun, sangat dirasakan baik, sekaligus memberikan pengetahuan kepada masyarakat sekitar terhadap prgram-program pemerintah. Wal hasil, 95 persen perangkat desa juga selalu hadiri minggon keliling ini. Diharapkan, sebut Idha, perangkat dan masyarakat tidak segan berbagi program dan memberikan pemahamannya lebih dekat. Karena kepala desa tidak bisa berjalan sendiri dan harus ditopang soliditas pemerintah desa dan masyarakat. "Ya ingin lebih berbaur saja dengan masyarakat, selain memberi pengetahuan juga menciptakan komunikasi yang baik melalui jemput bola atas keluhan di masyarakat ini," pungkas dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template