Desakan Situ Cibayat Jadi Objek Wisata Menguat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Desakan Situ Cibayat Jadi Objek Wisata Menguat

Desakan Situ Cibayat Jadi Objek Wisata Menguat

Written By Mang Raka on Kamis, 13 Oktober 2016 | 13.30.00

TEGALWARU,RAKA - Warga Kampung Cibayat, Desa Kutamaneu berharap, Situ Cibayat bisa dijadikan destinasi wisata tambahan yang ada di Kecamatan Tegalwaru. Hal itu dianggap penting karena diharapkan dari itu akan mampu memicu peningkatan kesejahteraan rakyat.

Dengan luas wilayah hampir 4 hektare dan panorama alam yang indah, Situ Cibayat cukup menjual sebagai daya tarik wisata. Ditambah debit air yang konstan dan tidak terlalu berdampak saat kemarau panjang tahun lalu. Namun memang benar debit air pernah alami penyusutan. Air Situ Cibayat memang dibutuhkan oleh warga sekitar untuk kebutuhan mereka sehari-hari.
Walau demikian, Warga pun berharap Situ Cibayat bisa juga dikelola menjadi tempat pariwisata yang bisa ditambahkan pada destinasi wisata tambahan di wilayah Karawang selatan. Hanya pengelolaan situ membutuhkan anggaran yang tidak sedikit, tapi jika dikelola serius maka dampak wisata Situ Cibayat malah akan berimbas bagi perekonomian masyarakat dengan berbagai bisnis usaha sebagai penunjang wisata itu.
Kayati (37) warga Desa Kutamaneuh menuturkan, keberadaan situ Cibayat amat tepat jika dijadikan tempat wisata. Selain panorama dan indahnya situ juga akses dekat dengan jalan utama. "Mungkin dengan dikelola dengan serius maka saya yakin dampak bagi warga sekitar pun akan berubah. Laju perekonomian akan sedikit lebih maju. Bahkan saya malah optimis situ Cibayat bisa lebih banyak dikunjungi wisatawan karena aksesnya dekat dengan jalan utama," akuinya.
Hal serupa diungkapkan Rida (29), warga sekitar yang juga membuka warung kelontong. Sejauh ini kunjungan pelancong hanya warga sekitar saja yang hanya iseng mancing di situ Cibayat. Dirinya pun mengakui walaupun hanya pelancong sekitar pun para pengusaha warung tetap bisa melaksanakan usaha meski dengan pendapatan yang tidak begitu besar. "Walaupun pendapatan tidak terlalu besar tapi dengan adanya pelancong lokal pun kami cukup terbantu. cuma saya harapkan ada pelaku bisnis yang mau melirik situ cibayat jadi lokasi wisata untuk kemajuan wilayah kami," ungkapnya.
Begitu pun diharapkan Sekertaris Desa Kutamaneuh, Yana Mulyana mengatakan situ cibayat dengan karakteristik kontur tanah nya yang alami banyak yang mengganggap sebagai Situ atau bendungan buatan.Dirinya antusias situ bisa bawa kontribusi bagi kemajuan wilayahnya. "Pemerintah desa akan membantu jika ada pihak manapun yang mau merubahnya jadi lokasi wisata. Dan harapan besar kami dengan terwujudnya Situ Cibayat bisa menjadi destinasi wisata maka setiap desa di wilayah Karawang Selatan mempunyai ciri wisatanya masing-masing yang bisa diandalkan," tandasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template