Dana Pembelian Mobil Ambulan Disoal - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dana Pembelian Mobil Ambulan Disoal

Dana Pembelian Mobil Ambulan Disoal

Written By Mang Raka on Jumat, 28 Oktober 2016 | 18.42.00

KARAWANG, RAKA - Puluhan unit mobil ambulan yang sempat heboh karena hanya bergambar Bupati Cellica, ternyata sumber biayanya tidak hanya dari dana alokasi khusus (DAK). Belakangan muncul dugaan jika mobil tersebut sebagian biayanya diambil dari dana kapitasi Januari-Juni 2014.
Berdasarkan informasi yang diterima Radar Karawang di lapangan, dana kapitasi yang besarnya Rp 30 miliar yang tidak sempat tersalurkan ke setiap puskesmas dengan alasan belum ada aturan mainnya, kini mulai dibicarakan lagi karena dikaitkan dengan pembelian ambulan. Bahkan ada dua pagu yang berbeda. Pertama pagu yang diungkapkan pegawai Dinas Kesehatan yang enggan disebutkan namanya, tercatat pagu untuk DAK Dinas Kesehatan 2016 untuk pelayanan dasar tertera Rp 6.460.280,55. Sementara yang dikeluarkan Dinas Kesehatan melalui Bagian Perencanaan Dinas Kesehatan Karawang dr Saud sebesar Rp 38.337.620.000
Kabid Binkes drg Nanik Jodjana, MKM mengakui kalau dana kapitasi tahun 2014 Januari-Juni, tidak masuk puskesmas langsung. Meski desakan banyak datang dari puskesmas untuk minta dicairkan. "Saya sendiri didemo untuk meminta dana kapitasi diturunkan ke setiap puskesmas. Namun karena belum ada aturan, maka saya pilih untuk dimasukan ke kas pemerintah," aku Nanik kepada Radar Karawang.
Nanik tidak mau terjebak dengan menyalahi aturan, dengan menurunkan dana kapitasi langsung kepada setiap puskesmas. "Saya saat itu tidak mau mengambil resiko hukum, makanya saya serahkan kepada pemerintah dengan sebelumnya meminta SK Bupati Karawang Ade Swara, untuk bisa memasukan dana kapitasi yang diberikan BPJS Kesehatan bisa masuk kas pemerintah," bebernya.
Ia juga mengaku tidak tahu bagaimana akhirnya dana kapitasi tersebut. "Kalau peruntukannya saya tidak tahu. Tapi saya berpikir uang masuk pemerintah, dan saya tidak menyalahi ketentuan," terangnya.
Saat dimintai tanggapan apa ada dana kapitasi masuk di anggaran mobil ambulan? Sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Nanik membantah kalau anggaran pembelian mobil ambulan bersumber dari kapitasi. "Yang saya tahu sumbernya dari DAK," ungkapnya.
Sekretaris Dinas Kesehatan Karawang Nurdin Hidayat mengatakan, dana kapitasi Januari-Juni 2014 habis digunakan kegiatan puskesmas dan dinas kesehatan. "Anggaran dana kapitasi yang dimaksud habis digunakan buat kegiatan," terangnya.
Bagian Perencanaan Dinas Kesehatan Karawang dr Saud mengakui kalau sumber dana pembelian mobil ambulan dari DAK 2016. "Untuk ambulan bersumber dari anggaran dasar DAK," ungkapnya. (dri)

Berbagi Artikel :

1 komentar:

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template