Dana Bagi Hasil Segera Cair - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dana Bagi Hasil Segera Cair

Dana Bagi Hasil Segera Cair

Written By Mang Raka on Selasa, 04 Oktober 2016 | 18.31.00

TELAGASARI, RAKA - Para kepala desa di Karawang, nampaknya semakin sumringah. Pasalnya, Peraturan Bupati (Perbup) yang mengatur Dana Bagi Hasil (DBH) pajak dan retribusi daerah sudah terbit awal Oktober ini.
Namun, belum jelasnya besaran hasil pungutan pajak daerah dan retribusi tahun 2016 yang terkumpul di DPPKAD, membuat ragu Kepala BPMPD Ahmad Hidayat terkait dana yang akan dikucurkan ke semua desa dan kelurahan di Karawang.
Ditemui di Desa Pulosari, Kepala BPMPD Karawang Ahmad Hidayat mengaku, Perbup DBH yang selama ini ditunggu-tunggu sudah terbit. Namun, dirinya belum mendalami lebih detail, termasuk penomoran Perbup tersebut. Disinggung pencairan DBH, dia balik mempertanyakan besaran uang dari hasil pajak dan retribusi daerah tahun anggaran 2016 itu berapa? Karena selama ini dirinya tak menampik banyaknya versi yang menyebut sampai Rp 70 miliar. Ada pula yang menyebut berkisar diangka Rp 52 miliar.
Namun yang jelas tandas Ahmad, uangnya ada atau tidak? Bagaimana kalau tidak ada? Apalagi di pusat sedang gencar-gencarnya pemangkasan Dana Alokasi Umum (DAU). Untuk itu, dirinya masih mendalami lebih jauh soal ini. "Perbup sudah terbit, tapi saya belum hapal nomornya, yang terpenting dari DBH itu, ada gak uangnya dari hasil pajak dan retribusi daerah itu? Bagaimana kalau gak ada?" ungkap Hidayat.
Lebih jauh dia menambahkan, soal alokasi DBH yang diporsikan untuk 6 poin tanpa menyertakan jatah kepala desa, dirinya juga belum mempelajari lebih lanjut. Karena hasil dari itu semua bisa ditanyakan ke Kabid Pemdes. Yang jelas, alokasi DBH ini diarahkan untuk hal-hal yang belum tercover dalam dana desa, ADD maupun bantuan gubernur. Karena kalau fisik itu bisa dihandel dari dana-dana tersebut. "Memang kalau fisik kan sudah ada porsi di ADD atau dana desa, DBH ini untuk apa saja, nanti ada poin-poinnya," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template