Cikampek Kumuh - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Cikampek Kumuh

Cikampek Kumuh

Written By Mang Raka on Selasa, 18 Oktober 2016 | 12.00.00

-Janji Cellica-Jimmy Ditagih

CIKAMPEK, RAKA - Berpenduduk 98.695 jiwa dengan luas wilayah 47,60 kilometer persegi, Kecamatan Cikampek tumbuh menjadi daerah padat penduduk.
Namun sayang, pembangunan kecamatan yang sempat diusulkan dimekarkan itu, tidak sejalan dengan konsep tata kota ramah lingkungan. Kekinian justru semakin ngejelimet, semakin kumuh dan ruwet. Karena pembangunan dilakukan asal. Padahal tidak lama setelah Cellica Nurrachadiana-Ahmad 'Jimmy' Zamakhsyari disumpah jabatan bupati dan wakil bupati, penataan Cikampek sempat terucap dari pasangan yang berkuasa genap delapan bulan itu. Seolah dianggap angin lalu, hingga kini belum ada tanda-tanda penataan Cikampek secara serius.  
"Sudah berapa lama ini bupati dan wakil bupati mengendalikan roda pemerintahan. Tapi sampai sekarang belum ada tanda-tanda penataan Cikampek. Padahal itu janji mereka," ujar tokoh masyarakat Cikampek, Ely Suhaeli kepada Radar Karawang, Jumat (14/10).
Ia menilai, Karawang dibawah kendali Celli-Jimmy cenderung insidental. Seolah tidak memiliki konsep pembangunan yang baik. Tidak ada skala prioritas dalam menjalankan roda pemerintahan. Sementara Pemkab Karawang cenderung menjalankan program kerja hanya karena ada dorongan dari pihak tertenu. Seperti LSM, Ormas, tokoh masyarakat termasuk media. "Kalau ramai dibicarakan. Baru dikerjakan. Kalau gak ada yang membicarakan. Maka dibiarkan," ujarnya.
Dia juga menyampaikan, kalau dilakukan pembangunan secara optimal, Cikampek akan menjadi daerah potensial. Bahkan kesemrawutan dan kekumuhan sangat bisa diatasi. "Masa kalah sama Purwakarta, APBD nya saja jauh. Tapi pembangunan Karawang jauh tertinggal," bandingnya.
Menyinggung persoalan terminal di Cikampek, kata Ely juga tidak pernah tuntas. Sampai saat ini kondisi Cikampek bukan semakin baik. Tetapi semakin buruk, semakin kumuh dan semakin semerawut. "Setiap bupati berkunjung ke Cikampek, selalu menyampaikan penataan perkotaan menjadi skala prioritas. Termasuk Cikampek. Tapi saat banyak warga yang bertanya, sampai sekarang jawabannya tetap sama," pungkasnya.
Belum lama ini, Jimmy sempat mengatakan, penataan kota wajib sifatnya. Sesuai visi misi pemerintah saat ini, menata kota membangun desa. Penataan Cikampek, Rengasdengklok dan Klari akan dilakukan tahun 2017, setelah penataan Karawang kota selesai dilakukan. "Kalau tidak sekarang ditata, mau jadi apa tiga atau lima tahun lagi Karawang. Terutama Rengasdengklok, Klari dan Cikampek yang kondisinya semerawut," jelas Jimmy. (zie)

Tingkat Kesejahteraan Manusia
Indeks Pembangunan Manusia
72,89
Indeks Pendidikan
9,10
Indeks Kesehatan
68,60
Indeks Daya Beli
Rp 576.197

Kependudukan
Jumlah penduduk
98.695 jiwa
Jumlah kelahiran
1.551
Jumlah Kematian
856

Jumlah TKI
68 orang

Jumlah Sekolah
50 unit
SD
31
SLTP
10
SLTA
9

Sarana Kesehatan
Rumah sakit umum
2 unit
Rumah sakit bersalin
4 unit
Rumah bersalin
8 unit
Puskesmas
1 unit
Poliklinik
10 unit


*) diolah dari berbagai sumber

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template