Budidaya Lele Menguntungkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Budidaya Lele Menguntungkan

Budidaya Lele Menguntungkan

Written By Mang Raka on Senin, 03 Oktober 2016 | 15.00.00

- Berawal dari Hobi, Kini Hasilkan Jutaan Rupiah per Bulan

PURWAKARTA,RAKA - Berawal dari hobi budidaya ikan lele Sangkuriang, Edih Cahyana (38), warga Kelurahan Purwamekar, Purwakarta kini jadi pengusaha sukses, perbulan mampu meraup keuntungan jutaan rupiah.
Usaha yang dirintis pria yang biasa disapa Kang Edih sejak 2007 ini, terus mengalami perkembangan. Bahkan saat ini kolam miliknya sudah sebanyak 36 unit, dari ukuran 7×2 sampai ukuran 8×6 meter. "Keuntungan kalau lagi bagus bisa jutaan rupiah," kata Edih.
Ia mengatakan, masing-masing kolam miliknya terisi oleh ikan lele dengan beragam ukuran, dari mulai siap jual pembenih, sampai panen pedaging. Tidak perlu menjual ke pasar, biasanya selalu ada yang datang ke rumahnya di Jalan Taman Pahlawan, Nomor 114 Kelurahan Purwamekar belakang Futsal King. "Pembenihan lele Sangkuriang, harga benih ukuran satu jentik 4-7 sentimeter Rp50 ribu perliter. Untuk pedaging Rp 14 ribu per kilogramnya,"  jelas Edih baru-baru ini.
Untuk para pembeli, kata dia, kebanyakan dari Bekasi, Bogor dan dari Purwakarta. Awalnya, Edih mengirim lele siap panen ke lokasi, namun sekarang pembeli yang datang langsung ke tempat budidayanya. Biasanya untuk lele pedaging satu kilogram dijual Rp14 ribu. "Yang butuh daging banyak yang datang kesini, dari sini harga Rp14.000 perkilogram, nyampai pasar biasanya Rp20 ribu perkilogram," tuturnya.
Agar mendapat benih bagus, Edih mencari bibit lele pejantan yang bagus yang sudah matang gonad, terus dikawinkan dalam kolam khusus yang diberi ijuk. Tidak berselang lama, benih pun mulai nampak di ijuk yang disimpan di dasar kolam. Bila sudah demikian, bibitan dipisahkan. Jika sudah menetas, selama sepekan benih ikan lele diberi makan cacing sutra. "Makan cacing sutra, sudah 2 minggu dikasih pelet udang sampai ukuran 3-4 sentimeter, kesananya pelet PF 800," kata Edih.
Namun, Edih menghimbau, jika musim penghujan jangan berharap hasil pembenihan akan bagus. Biasanya saat hujan turun, air kolam menjadi buruk lantaran keasaman air meningkat, itu yang mengakibatkan ikan cepat mati. "Kalau musim hujan jelek, karena alamnya tidak menentu. Setiap musim penghujan seperti itu apalagi hujan pertama,'' katanya kembali.
Melihat latar belakang budidaya, saat pertama membenihkan Edih bermodal hanya Rp2 juta tahun 2007 silam. Karena hobi, Edih terus menggeluti budidaya ikan lele Sangkuriang. Tidak saja ikan lele, dulu Edih pun pernah menernakan burung Puyuh, juga ayam Birma dan Bangkok. "Suka lele karena suka sama binatang, sudah turunan dari atas, jadi hobi tapi menghasilkan," tuturnya.
Salah seorang pembeli benih lele Vian Firmansyah, mengatakan ia sering membeli benih di tempat Edih. Pasalnya selain kualitasnya bagus, harganya pun standar tidak mahal. "Saya sering kesini membeli benih, bagus kualitasnya,” pungkasnya. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template