Budi Daya Ikan Lele Menjanjikan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Budi Daya Ikan Lele Menjanjikan

Budi Daya Ikan Lele Menjanjikan

Written By Mang Raka on Kamis, 27 Oktober 2016 | 12.00.00

PEDES, RAKA - Selain bertani, budidaya ikan lele menjadi salah satu potensi ekonomi Desa Dongkal, Kecamatan Pedes yang cukup menggiurkan meskipun hanya sebatas sampingan. Usaha ini merupakan penunjang ekonomi masyarakat Dongkal pada umumnya.
Hendra Kurnia S.Pd.I, guru Sekolah (SD) Negeri Dongkal II, adalah salah satu orang yang sudah 2 tahun terakhir menggeluti usaha budi daya lele. Menurutnya, budi daya lele ini merupakan usaha yang butuh kesabaran dan ketelitian. "Saya memisahkan ikan lele itu sendiri, dengan memilih indukan yang sudah dipilih terlebih dahulu. Selanjutnya diteruskan oleh Agus sebagai karyawan saya. Saya gak bisa fokus di kolam karena tugas saya sebagai tenaga pengajar cukup memakan waktu," tuturnya.
Adapun varietas ikan lele yang diternaknya adalah jenis lele dumbo. Menurut Hendra, jenis lele ini termasuk kuat dan banyak diminati di pasaran. "Hampir dua tahun saya menggeluti budi daya lele ini, walaupun disebut sampingan. Tapi hasil yang di dapat itu melebihi gaji saya sebagai guru honorer," tuturnya.
Budi daya ikan lele yang tergolong mudah dan tidak terlalu rumit ini, menjadi pilihan masyarakat Dongkal untuk menutupi celah saat tanaman padi tidak sesuai dengan harapan. "Untuk mengembangkan perekonomian, tidak ada cara lain selain kreatif sendiri, karena ketika harapan kita tidak sesuai dengan kenyataan, kita sudah mempunyai cadangan lain untuk melanjutkannya." pungkasnya. (mg3)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template