Blanko KTP-el Didorong Dibuat di Provinsi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Blanko KTP-el Didorong Dibuat di Provinsi

Blanko KTP-el Didorong Dibuat di Provinsi

Written By Mang Raka on Sabtu, 08 Oktober 2016 | 13.00.00

PURWAKARTA,RAKA - Pemkab Purwakarta mengusulkan, agar pencetakkan blanko Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) lebih baik dibuat di masing-masing provinsi. Hal itu dilakukan untuk memudahkan warga memperoleh identitas kependudukan. Pasalnya, Saat ini ribuan warga Kabupaten Purwakarta yang sudah melakukan perekaman selama berbulan-bulan belum menerima KTP-el karena kekosongan blanko KTP.
"Kami ini di daerah mengalami tekanan psikologis teknis dari masyarakat soal pelayanan KTP- el. Kendalanya karena kekosongan blanko, makanya saya selaku kepala daerah yang sering menerima keluhan mengusulkan, agar blanko KTP-el dibuat di daerah saja," ujar Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi di Jalan Gandanegara, Jumat (7/10).
Pencetakkan blanko KTP-el dibuat terpusat, kata dia, justru menimbulkan masalah yang tidak tuntas-tuntas. Salah satunya, lamanya warga menerima KTP-el dengan alasan klasik yaitu blanko kosong. "Anda bayangkan seluruh warga Indonesia sekarang lama mendapat KTP hanya gara-gara blanko KTP-nya tidak ada," ujar dia.
Menurutnya, sistem pembuatan KTP yang berlaku saat ini, justru tidak sesuai dengan cara kerja Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). "Saya kira pak Jokowi harus turun tangan, mengubah sistem pembuatan KTP khususnya soal pembuatan blanko KTP-el," ujar dia.
Diketahui, guna menyiasati kekurangan blanko KTP-el, Kementerian Dalam Negeri mengeluarkan Surat Edaran Nomor 471.13/10231/Dukcapil Perihal Format Surat Keterangan Pengganti KTP-el. Dalam surat yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Zudan Arif Fakrulloh per tanggal 29 September 2016 tersebut disebutkan bahwa Surat Keterangan Pengganti KTP-el dapat dipergunakan untuk kepentingan Pemilu, Pemilukada, Pilkades, Perbankan, Imigrasi, Kepolisian, Asuransi, BPJS, Pernikahan dan kebutuhan lainnya. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template