Biaya Pengamanan Pilkades Rp 55 Juta - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Biaya Pengamanan Pilkades Rp 55 Juta

Biaya Pengamanan Pilkades Rp 55 Juta

Written By Mang Raka on Selasa, 18 Oktober 2016 | 19.30.00

KARAWANG, RAKA - Estimasi anggaran pengamanan pemilihan kepala desa yang diajukan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) sebesar Rp 480 juta, dianggap sebagai pemborosan.
Anggaran tersebut dinilai terlalu besar jika untuk pilkades di 8 desa. Anggota Komisi A DPRD Karawang Ahmad Rifai mengatakan, biaya pengamanan pilkades di 177 desa pada tahun 2005, hanya menelan anggaran Rp 2,9 miliar. "Estimasi dari eksekutif untuk pengamanan pilkades 8 desa sebesar Rp 440 juta terlalu boros. Sebab, jika dana tersebut dibagi delapan hasilnya jadi Rp 55 juta per desa. Sedangkan biaya pengamanan pilkades 177 desa pada 2015 lalu, rata-rata hanya Rp 17 juta per desa," kata Ahmad Rifai usai melakukan hearing dengan BPMPD, BKD, Inspektorat dan Asda 1 di gedung DPRD Karawang, Senin (17/10).
Meski begitu, sambung pria yang akrab disapa Haji Opi ini, anggaran tersebut baru sebatas estimasi dari eksekutif. Sedangkan pembahasan dan finalisasi akan digodok di badan anggaran. "Kami minta kepada anggota Komisi A yang duduk di Banggar, dapat bisa mengevaluasinya," pintanya.
Anggota Komisi A lainnya, Timan Sukirman menyatakan, anggaran untuk pengamanan pilkades harus efektif dan efesien, jangan sampai berlebihan. Selain itu, BPMPD juga harus bisa mengawal anggaran di desa dengan terus memberikan pembinaan. "Sebab kendati BPMPD bersifat administratif untuk pembiayaan di desa, tapi pengawasan harus dilakukan," kata politikus PAN itu.
Menurut Timan, anggaran di desa ada tiga yaitu ADD, dana desa dan bantuan gubernur. Anggaran itu langsung diberikan dari DPPKAD ke kas desa, akan tetapi tim verifikasinya BPMPD. Untuk itu, dalam penyelesaian administrasi BPMPD harus lebih jeli lagi. Jangan sampai anggaran besar tapi manfaat untuk masyarakat kecil. "Kita juga akan terus mengawal anggaran untuk desa, sebab kedepan pemberdayaan masyarakat harus mulai dari desa," tandasnya. (ops)

Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Keamanan ... kan ada polisi? TNI?... buat apa duitnya??? Coba kasih tahu saya, saya yang kayanya kurang paham apa fungsi kepolisian dan TNI...

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template