Berlatih di Bawah Guyuran Hujan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Berlatih di Bawah Guyuran Hujan

Berlatih di Bawah Guyuran Hujan

Written By Mang Raka on Senin, 10 Oktober 2016 | 16.00.00

- Anggota Pramuka MAN Batujaya Pekerja Keras

KARAWANG, RAKA - Tak pernah kenal lelah dan putus asa itulah yang terus disampaikan oleh sejumlah anggota pramuka Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Batujaya. Meski diguyur hujan, mereka tetap berlatih di halaman sekolah.
Salah satu anggota pramuka, Andini, mengaku bahwa keseriusan dalam mengikuti eskul tersebut karena ingin mendapatkan pengalaman dan pelajaran yang berharga. Karena bagi perempuan yang memiliki wajah manis ini, mengaku banyak hal yang didapat dari pramuka diantaranya ialah kedisiplinan mandiri serta bertanggung jawab.
Maka tak heran, jika ia terus berlatih. "Karena ini yang diajarkan pramuka, kita tidak pernah kenal dengan manja dan terus belajar kemandirian serta tanggung jawab dan disiplin dalam segala hal," ucapnya.
Selain itu, kata dia, ekskul pramuka tersebut merupakan salah satu ekskul yang banyak digemari oleh setiap siswa lain di sekolah. Maka dari itu, setiap siswa harus memanfaatkan momen untuk mendapatkan pengahargaan terbaik dari yang terbaik. "Alhamdulilah sampai saat ini, ekskul pramuka tetap menjadi ekskul terfavorit di sekolah. Makanya untuk masuk dalam eskul ini aja, perlu keseriusan siswa jika ingin menjadi yang terbaik," ucapnya.
Sementara pembina pramuka MAN Batujaya, Sadam Husein S.Pd menyampaikan, bahwa sampai saat ini sudah banyak prestasi yang didapat dari ekskul pramuka. Semua itu, kata dia, karena kerja keras serta keseriusan mereka dalam belajar. Maka tak heran jika ekskul tersebut menjadi ekskul paling banyak diminati oleh setiap siswa. "Peserta Raimuna dan Kanira Jabar 1996,Peserta Raimuna Nasional 1997, juara beberapa cabang kegiatan Raimuna dan Kanira Cabang Karawang 1998/1999, juara Lintas Medan Tingkat Kwarcab Karawang Tahun 2006, 2008, 2013 dan tahun 2014, juara Perkemahan Giat Terpadu tingkat Kwarcab Karawang tahun 2012, juara umum tingkat Kwartir Ranting Batujaya, tahun 2010, 2011, 2012, juara 1 Perkemahan Keputriaan tingkat Kwarcab Karawang tahun 2013, juara LPBB Tongkat tingkat Kwarcab Karawang tahun 2014," jelasnya.
Dia menjelaskan, pramuka adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti orang muda yang suka berkarya. "Anggota pramuka tingkat SLTA di pramuka dinamakan penegak. Penegak berada setelah siaga dan penggalang yang diterapkan di tingkat SD dan SLTP. Biasanya penegak mempunyai ambalan. Ambalan adalah tempat atau wadah untuk anggota penegak menggarap kegiatannya. Ambalan terbagi menjadi dua, putra dan putri. MAN Batujaya menamakan ambalan putranya yaitu Sayyidina Ali, sedangkan putrinya Siti Fatimah," ucapnya. (yna)

cap:
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template