Ayo Biasakan Membaca Buku - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ayo Biasakan Membaca Buku

Ayo Biasakan Membaca Buku

Written By Mang Raka on Kamis, 27 Oktober 2016 | 16.00.00

KARAWANG, RAKA - Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari membaca, sekalipun hanya membaca buku komik yang sifatnya sebagai hiburan saja. Banyak informasi yang akan diperoleh dari membaca. Selain itu, membaca juga dapat membuka wawasan yang sangat luas. Karena membaca merupakan kunci membuka pintu gerbang kesuksesan. Hal tersebut disampaiakan oleh Kepala SDN Wancimerkar, Dadi Hartadi.
Menurutnya, untuk meningkatakan minat baca seseorang, maka perlu adanya pendidikan yang dilakukan sejak usia dini. Karena jika seseorang sudah dibiasakan membaca sejak usia dini, maka orang tersebut akan terbiasa dan akan merasa haus akan sebuah bacaan. Namun orangtua juga harus memperhatikan bacaan apa yang harus diberikan kepada anak. “Jika isi tulisan tidak sesuai dengan usia anak, maka dikhawatirkan anak akan memiliki tingkah perilaku yang menyimpang. Maka dari itu, meski membaca itu baik dan bagus, tetap semuanya harus terkontrol,” katanya.
Menurutnya, tak ada yang sukses tanpa membaca. Apalagi perkembangan yang terjadi saat ini begitu pesat, salah satunya teknologi. "Bukannya membatasi anak-anak atau khususnya para pelajar dengan melakukan permaianan atau penggunaan alat teknologi, tapi semua itu harus balance, jangan sampai meninggalkan tradisi membaca, karena menurut dia, dengan membaca dapat memberikan dan membuka seuatu pengetahuan yang luas serta menambah kemandrian siswa,” ucapnya.
Untuk itu, kata dia, perlu adanya dorongan baik orangtua di rumah, dan element pendidikan yang ada di sekolah, sehingga mereka pun bisa termotifasi untuk kembali meningkatkan minat baca. “Karena sekali lagi saya sampaikan, peran orangtua memiliki peran yang begitu fatal. Namun hal tersebut akan percuma jika pemerintah tidak mendukung dengan fasilitas yang ada. Jadi harus ada keterkaitan satu dengan yang lainya,” pungkasnya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template