Awasi Tanggul Citarum - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Awasi Tanggul Citarum

Awasi Tanggul Citarum

Written By ayah satria on Rabu, 05 Oktober 2016 | 20.37.00

Hujan Berpotensi Jadi Bencana

RENGASENGKLOK,RAKA - Intensitas hujan yang tinggi dan turun setiap hari membuat warga di sekitar bantaran sungai mulai waspada dengan kenaikan volume air Sungai Citarum. Meski belum meluap, intensitas hujan memicu kekhawatiran banjir bisa terjadi sewaktu-waktu seperti tahun lalu. Banjir kiriman yang membuat Citarum meluap juga diantisipasi perangkat desa. Mereka mengaku tak pernah absen melihat kondisi Citarum tatkala hujan melanda. Kendati sudah dilakukan perbaikan, tetap saja mereka diliputi rasa kecemasan bila tanggul tak sanggup menahan beban debit air yang begitu besar.
"Kami harus memantau air di Sungai Citarum sejak hujan deras turun tiap hari," ulas Warga Dusun Bojong, Mami (32) kepada RAKA. Apalagi,  pemilik warnet yang berjarak 100 meter dari bantaran tanggul Citarum berpendapat, wilayah Kecamatan Rengasdengklok merupakan daerah rawan banjir luapan Citarum. "Selain itu warga di Rengasdengklok merupakan sasaran kiriman air dari wilayah hulu di Karawang Kota," ucap Mami lagi.
Di lain tempat, Kepala Desa Karyamakmur Kecamatan Batujaya Ipung Hartasim juga mengaku terus mengamati pergerakan air dari sisian tanggul Citarum dalam satu minggu terakhir. Diketahui, kenaikan air cukup drastis mencapai delapan hingga sepuluh meter, maka sudah dipastikan harus waspada dan siaga banjir. "Meski belum sampai ditetapkan status siaga banjir, kami perlu tetap waspada melihat bencana banjir mulai terjadi di beberapa daerah hulu," tuturnya.
Meski Sungai Citarum mulai dinormalisasi, kata dia, luapan sungai akibat hujan deras dan kiriman air dari hulu membuat Sungai Citarum semakin sempit. Dan itu dikhawatirkan bakal tak mampu lagi membendung air hingga dapat meluap sewaktu-waktu. (fah)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template