Awas, Longsor Mengancam - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Awas, Longsor Mengancam

Awas, Longsor Mengancam

Written By Mang Raka on Jumat, 07 Oktober 2016 | 16.00.00

*Pelintas Jalan Kampung Sirasima Diingatkan Bahaya Longsor

PANGKALAN, RAKA – Perlintasan jalan utama Badami Loji yang melintasi Desa Ciptasari, rawan longsor, terutama bagian ruas jalan di Kampung Sirasima. Keroakan dinding tebing setinggi lebih dari lima meter itu sewaktu-waktu bisa saja longsor dan menimbun badan jalan dibawahnya. Terlebih saat ini intensitas hujan mulai tinggi.

Berdasarkan pantauan RAKA, Kamis (6/10), panjang jalan berdinding tebing mencapai ratusan meter, dengan ketinggian mencapai 2-5 meter lebih. Beberapa ruas tebing sudah terlihat berkeroak karena dikeruk dan sebagian tanahnya sudah diangkut. Dikhawatirkan jika tidak cepat-cepat dibuat penahan tanah, dinding tebing akan longsor tergerus air hujan. Jika itu terjadi maka jalan utama Kampung itu bisa terputus hingga mempengaruhi aktivitas perekonomian warga disana.
Itu belum termasuk kondisi jalannya selain tanahnya masih labil sebagian masih berupa tanah merah. Sehingga selain berhadapan dengan longsor juga jalan utama menjadi licin karena jika hujan turun tanah berlumpur. Upaya untuk bisa memperbaiki pun memang di kerjakan oleh warga sekitar dengan mengganjal beberapa pohon besar dengan bamboo atau kayu seadanya agar tidak saat tanah itu tergerus tidak menimpa orang yang tengah melintas.
Jajang (40) warga setempat mengungkapkan memang jalan itu belum semuanya dibeton sehingga ada beberapa meter saja yang membuat jalan menjadi licin karena jalan tanah lempung dan jika hujan deras turus warga pun lebih memilih jalan lain karena berbahaya melintasinya. “Rata-rata warga akan melintas ke jalan yang agak jauh jika hujan, tetapi aman dibanding melalui jalan tersebut meski beresiko. Saat ini memang selain jalan yang licin juga jika hujan, ditambah beberapa meter lahan bertebing di pinggirannya pun menjadi masalah tersendiri jika hujan deras," ujarnya.
Sementara Erus (32) warga sekitar tebing mengakui, saat ini pun warga sekitar pun berupaya agar pohon yang berada di pinggiran tebing itu pun kondisinya diganjal agar tidak menimpa warga saat melintas di jalan itu. Dirinya pun berharap adanya perbaikan secara permanen agar warga tidak merasa was-was jika melintas jalan itu. “Jika di turap tidak berbahaya. Kemungkinan longsornya pasti sedikit dan tidak terlalu riskan berbahaya bagi warga yang melintas. Saat ini masyarakat sekitar lebih memilih jalan yang agak jauh dan lebih memutar akan tetapi aman daripada beresiko mencelakai diri," tandasnya.
Hal senada diungkapkan Lilis (22) Warga Kampung Sirasima, ruas jalan rawan longsor itu bukan satu-satu akses jalan yang ada di kampungnya. Ada pilihan lain bagi warga yang khawatir jika melintas jalan tersebut. Hanya perbedaannya jalan itu untuk kendaraan besar bisa masuk dengan aman. Namun jika masuk ke wilayah Sirasima melalui jalan pintas ada yang lebih dekat ke wilayah perkampungan warga. “Jalan rawan longsor itu memang jalan utama tapi ada jalan alternatif untuk bisa masuk dan keluar kampung Sirasima," katanya.  
Sementara Kepala Desa Ciptasari, Nanang, saat akan menkonfirmasi terkait keberadaan jalan dan tebing yang di khawatirkan warga bisa longsor sewaktu-waktu ternyata tidak berada di kantor. Demikian pun ketika RAKA mendatangi rumahnya juga tidak berada di rumah. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template