Anak DTA Dijatah Rp 5 Ribu Sebulan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Anak DTA Dijatah Rp 5 Ribu Sebulan

Anak DTA Dijatah Rp 5 Ribu Sebulan

Written By Mang Raka on Kamis, 13 Oktober 2016 | 19.02.00

CILAMAYA KULON, RAKA - Niat Pemerintah Kabupaten Karawang menciptakan generasi yang islami lewat Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA), masih diragukan.
Dalam satu tahun, bantuan yang dikucurkan pemkab tidak kurang dari Rp 2 juta untuk satu DTA. Bukan hanya itu, Biaya Operasional Perawatan Fasilitas (BOPF) itu juga belum cair hingga saat ini.
Kepala DTA Al Fadlu, Desa Muktijaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Ustad Agus Solahudin mengatakan, dibanding siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah umum lainnya, jatah BOPF untuk DTA paling kecil. "Setiap siswa hanya dapat Rp 5.200 per bulan," ungkapnya kepada Radar Karawang.
Angka itu jika dikolektifkan persatu DTA, kata Agus, hanya mendapati tak kurang dari Rp 2 juta per tahunnya. Parahnya, agar bisa mencairkan bantuan itu, kepala DTA dibuat repot dengan segudang syarat ajuan. Ditambah persoalan dugaan korupsi dana BOPF di lingkungan Kementerian Agama Karawang, yang bisa saja menyeret para kepala DTA. "DTA ini sudah punya perda, tapi masih diobok-obok hanya gara-gara duit BOPF yang tidak seberapa. Tega," ungkapnya.
Lebih jauh Agus menambahkan, mengantisipasi kekurangan operasional, sejumlah DTA memilih menggunakan duit pribadi para guru bahkan iuran swadaya. Hal ini sebagai bukti bahwa Perda DTA yang lama terbit, tidak pernah diaplikasikan optimal. "Seharusnya lembaga pembina akhlak anak-anak ini bisa semakin sejahtera. Dan sarana prasarana juga sejajar dengan lembaga pendidikan lainnya," pungkasnya.
Menanggapi itu, anggota Komisi D DPRD Karawang H Cita mengaku prihatin dengan kondisi DTA yang dijatah minim oleh pemkab.
Politisi PDI Perjuangan ini juga baru tahu kalau siswa DTA dijatah Rp 5.200 per bulan. Bahkan, gara-gara mengurusi kemelut BOPF, para kepala DTA harus berurusan dengan kejaksaan. "Sekarang Rp 5.200 saya baru tahu, ini angka gak layak. Kedepan saya akan dorong peningkatannya dan kemudahannya," pungkasnya. (rud)

Berbagi Artikel :

1 komentar:

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template