Ada Korupsi di DPRD - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Ada Korupsi di DPRD

Ada Korupsi di DPRD

Written By Mang Raka on Kamis, 27 Oktober 2016 | 12.00.00

- Mantan Sekwan dan EO Ditahan

PURWAKARTA, RAKA - Mantan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Purwakarta, Maulana Syachrul Koswara dijebloskan ke penjara, Rabu (26/10). Hal ini diketahui saat pria berusia 57 tahun yang baru pensiun ini, digiring oleh pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Purwakarta untuk dititipkan ke Lapas Kebon Waru, Bandung sebelum dihadapkan ke meja Pengadilan Tipikor Bandung.
Selain Syachrul, kejari juga mengamankan Qodariah Arianto sebagai Even Organizer (EO) kegiatan DPRD Purwakarta. Keduanya ditahan penegak hukum, dengan dugaan kasus korupsi anggaran sekretariat DPRD Purwakarta dalam pelaksanaan bimtek fiktif ke Bogor tahun 2015 lalu. “Ya, keduanya kita tahan. Sempat mereka mengajukan penangguhan penahanan, tapi kita tolak dengan berbagai pertimbangan,” kata Kasi Pidsus Kejari Purwakarta, Edy Samosir, SH.
Dia menjelaskan, pelaksanaan kegiatan bimbingan teknis fiktif yang seakan-akan dilakukan pertengahan 2015 lalu itu, tercatat Wisma Kementerian Perhubungan, di Cisarua Bogor. Untuk anggaran yang digunakan, pencairan anggaran sebesar Rp 166 juta dari DPA SKPD sekretariat DPRD Purwakarta tahun 2015. Ini tidak sesuai peruntukannya hingga mengakibatkan kerugian negara Rp 166 juta. "Terdakwa Syachrul ditahan di Kebon Waru sementara Qodariah ditahan di Sukamiskin Bandung," tuturnya.
Ia menambahkan, atas perbuatannya, terdakwa akan dijerat UU tindak pidana korupsi. "Kedua terdakwa didakwa melanggar primair pasal 2 ayat (1) jo. Pasal 18 UU No 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang perubahan UU No 31 tahun 1999 jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Subsider pasal 3 jo pasal 18 UU No 31 tahun 1999 jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP," tegasnya.
Sebelumnya, sejumlah elemen masyarakat Purwakarta mendesak penegak hukum untuk mengusut tuntas dugaan bimtek fiktif yang dilakukan yang dilakukan oleh puluhan anggota DPRD Purwakarta. Selain perangkat kesekretariatan dewan, bimtek fiktif ini diduga melibatkan sejumlah anggota dewan. (awk)

Korupsi di Lingkungan DPRD Purwakarta
Dugaan korupsi : Bimtek fiktif
Lokasi : Wisma Kementerian Perhubunga, Cisarua, Bogor
Tahun pelaksanaan : 2015
Tersangka : Mantan Sekwan Maulana Syachrul
 Event Organizer Qodariah Arianto
Kerugian negara : Rp 166 juta
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template