220 Orang Dioperasi Katarak Gratis - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 220 Orang Dioperasi Katarak Gratis

220 Orang Dioperasi Katarak Gratis

Written By Mang Raka on Jumat, 14 Oktober 2016 | 16.00.00

CIKAMPEK, RAKA - Sebanyak 220 orang warga Jawa Barat mengikuti operasi katarak gratis yang diadakan oleh Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) Cikampek dan PT Sidomuncul. Kegiatan tersebut untuk memperingati Hari Penglihatan Sedunia (World Sight Day) dan Hari Kesehatan Nasional.
Kepala BKMM Cikampek, Eko Budi Prianto MARS, menyampaikan, operasi katarak yang digelar di BKMM Cikampek pada mulanya ditarget 200 orang, nyatanya melebihi target. Karena yang terdaftar sebanyak 220 orang. "Kami bekerjasama dengan PT Sidomuncul, sebanyak 50 orang dibiayai oleh Sidomuncul sisanya menjadi tanggungan kami," ujar Eko di sela-sela kegiatan, Kamis (13/10).
Direktur Mutu dan Akreditasi Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan, Dr. Eka Viora, menyampaikan, dunia setiap tanggal 9 Oktober, selalu mengadakan hari penting kesehatan. Termasuk peringatan Hari Penglihatan Sedunia. Untuk meningkatkan penglihatan warga Indonesia, maka kementerian mengadakan bakti sosial berupa pengobatan tidak bayar. Menurutnya, sebanyak 287 juta orang di dunia hidup dengan gangguan penglihatan dan kebutaan. 90 persennya terdapat di negara-negara miskin, termasuk negara berkembang seperti Indonesia.
Sebenarnya 80 persen ganguan penglihatan itu bisa dicegah dan diatasi. Terlebih bagi warga Karawang dan sekitarnya yang memiliki Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) Cikampek. "Ada 10 BKMM di seluruh Indonesia salah satunya di Karawang. Seharusnya tidak ada masyarakat yang menderita gangguan penglihatan, karena kalau ada gangguan tinggal datang saja ke balai," ujarnya
Direktur PT Sidomuncul, Irwan Hidayat, menyampaikan, setiap orang harus melihat secara normal. Bahkan bagi orang yang kehilangan penglihatannya, maka sama saja kehilangan hidupnya 70 persen. Sebagai pengusaha, pihaknya memiliki keinginan untuk ikut serta membantu masyarakat. Mulai 2011 Sidomuncul memiliki keinginan untuk membantu 5000 operasi katarak gratis, cuma dalam pelaksanaannya, hanya 2.500 yang terealisasi. "Kendalanya ternyata karena pasiennya yang tidak ada, mereka tidak mau. Karena takut. Jadi kami kesulitan mencari pasien," paparnya.
Pengalaman pertama itu menjadi pelajaran penting bagi Sidomuncul, agar bisa membantu masyarakat lebih optimal lagi. Pihaknya menggandeng TNI untuk membantu menyosialisasikan bahwa gangguan penglihatan itu bisa ditangani. "Ternyata upaya yang kami lakukan berjalan dengan sukses. Dan setiap kami mengadakan operasi katarak selalu memenuhi target," ujarnya.
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak, yang sudah ikut terlibat menyukseskan kegiatan operasi katarak. Sebagai wujud terima kasih, pihaknya berjanji akan membantu BKMM Cikampek agar bisa lebih mengembangkan potensi yang ada. "BKMM Cikampek ada di Karawang, jadi milik warga Karawang. Kami sebagai pemerintah daerah mendukung penuh apa yang akan dilakukan oleh BKMM," ujarnya.(zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template