Warga Klari Keluhkan Sistem Pembayaran BPJS - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Klari Keluhkan Sistem Pembayaran BPJS

Warga Klari Keluhkan Sistem Pembayaran BPJS

Written By Mang Raka on Kamis, 22 September 2016 | 16.00.00

KLARI, RAKA - Warga di wilayah Desa Duren, Kecamatan Klari dikeluhkan dengan sistem pembayaran BPJS secara keseluruhan untuk setiap keluarga. Padahal, sebelumnya  pembayaran BPJS  dapat dilakukan secara satu persatu oleh anggota BPJS tersebut. Selain itu, dalam perubahan sistem pembayaran BPJS, disesalkan tidak adanya sosialisasi terhadap perubahan sistem pembayaran BPJS.

"Warga di Desa Duren banyak yang mengeluhkan kalau sistem pembayaran BPJS itu mesti langsung satu keluarga yang sudah terdaptar keanggotaannya. Padahal sebelumnya warga melakukan pembayaran masih bisa dilakukan secara satu persatu," terang Lili, Kasie Pemerintahan Desa Duren, Rabu (21/9) siang.
Padahal, lanjut Lili, kalau ada sosialisasi terlebih dahulu jadinya kan warga bisa tahu. Tetapi ini, tahu tahu pembayaran langsung dibayar semua, sedangkan warga tidak semuanya berpenghasilan besar. Selain itu, adanya perubahan sistem Pembayaran BPJS dengan dilakukan pembayaran secara keseluruhan tersebut, dirasakan belum lama ini. Yakni di Bulan September. Hal inipun beda halnya dengan bulan sebelumnya. Dimana sistem pembayaran masih dapat dilakukan secara dicicil. "Pas bulan Agustus mah, warga masih bisa bayarnya satu orang dulu setiap satu keluarga, bertahap, tapi di bulan sekarang  pembayaran mesti sekaligus," ujarnya.
Tidak hanya itu, dia melanjutkan, dalam sistem pembayaran oleh anggota yang belum diberikan kartu pun, mesti dilakukan pembayaran. padahal, untuk pembayaran bisa dilakukan bagi anggotanya yang sudah dibuatkan Kartu BPJS. "Sekarang gini saja, masa warga disuruh bayar juga, BPJS anggotanya, yang sudah jelas jelas baru didaptarkan dan belum diberikan kartu BPJS nya, masih dalam anggota secara tertulis, harusnya kan pembayaran dilakukan ketika pas ada kartunya," tandasnya.
Hal serupa ditanggapi, Riki Nurdiansyah, salah seorang tokoh pemuda yang berstatus sebagai mahasiswa Karawang, Semester 3, menanggapi, pasalnya, dalam sebuah kelembagaan, birokrasi prosedural mesti dijalankan. seperti halnya perubahan sistem pembayaran BPJS yang dilakukan masyarakat yang ada diwilayah Desa Duren misalnya. "Memang harusnya ada surat edaran kesetiap desa kalau dalam pembayaran BPJS mesti semua anggota keluarga yang terdaptar di BPJS untuk dilakukan pembayaran secara semuanya, atau adakan sosialsiasi kesetiap desa, biar nantinya masyarkaat bisa mengetahui perihal bentuk perubahan apapun itu nantinya," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template