Warga Cintawargi Waspadai Longsor - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Cintawargi Waspadai Longsor

Warga Cintawargi Waspadai Longsor

Written By Mang Raka on Jumat, 23 September 2016 | 15.00.00

TEGALWARU, RAKA - Ketika Kabupaten Garut tengah dirundung duka oleh banjir bandang dan banyaknya korban yang berjatuhan. Maka Karawang Selatan pun perlu mewaspadai potensi terjadinya bencana di beberapa titik potensial. Hingga diharapkan warga perlu antisipasi agar tidak menjadi bencana besar.

Memang dari pantauan RAKA.Dilapangan beberapa titik potensial perbukitan yang rawan longsor dan perlu di antisipasi oleh warga seperti di Desa Cintawargi tepatnya di kampung Cikamunding,ada perbukitan dengan kontur tanah yang mudah tergerus oleh air hujan juga di wilayah Desa Mekarbuana tepat nya di wilayah Kampung Jayanti di blok 12 pun mudah terjadi longsor dan di harapkan warga berhati-hati dengan keadaan tersebut.
Pemerintah setempat diharapkan adanya koordinasi yang serius terkait hal itu karena mengingat antisipatif dini merupakan langkah awal agar tidak timbul korban.Di tambah lagi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Masing-masing personel di tiap-tiap kecamatan pun kini tengah di tuntut aktif awasai wilayah potensial rawan bencana.
Uco (30) anggota BPBD kecamatan Tegalwaru menyampaikan laporan yang tiap bulan dikerjakannya analisa awal agar pencegahan itu berjalan dengan baik hingga penanganan nya ketika hal itu terjadi maka pencegahan serta tindakan nya pun bisa berjalan baik. "Semua dibuat laporannya. Analisa kami berjalan di lapangan.Memang wilayah Karawang selatan merupakan wilayah potensial terjadi rawan permasalahan alam seperti Longsor, kebakakaran gunung, kekeringan pula. Agar hal itu tidak terjadi maka pencegahannya pun harus konstans dan dinamis," katanya.
Hal senada pun dijelaskan tokoh masyarakat Desa Cintawargi, H.Roif. Bencana longsor di Kampung Cikamunding memang pernah terjadi. Kejadian nya pada 10 tahun yang lalu dimana longsoran material tanah dan batu menimpah pemukiman warga. Tapi kini kondisinya sudah stabil. "Saya mungkin bukan merasa percaya diri dengan perbukitan di wilayah kami.Tapi kini kondisi nya jauh berbeda, dan perbukitannya cadas dan tanahnya cukup kuat untuk menahan gerusan air hujan. Sementara pengawasan warga pun tetap berjalan bahkan pemerintah desa pun sudah pernah mengantisipasi nya dengan membuat turap," jelasnya.
Ditempat berbeda, Kepala Desa Cintawargi, Agus berharap hal itu tidak terjadi di wilayahnya. Berbagai upaya agar lebih aman pun coba diantisipasi dengan melakukan koordinasi secara intensif dengan masyarakat sekitar agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. "Saya berharap kejadian longsor atau bencana alam jangan terjadi di wilayah kami. Berbagai upaya pun akan kami usahakan agar tidak terjadi pada 10 tahun ke belakang terjadinya longsor di Kampung Cikamunding. Koordinasi dengan intesif pun terus berjalan walaupun intensitas hujan setiap hari terjadi hampir setiap sore datang," tuturnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template