Upaya Meminimalkan Kenakalan Pelajar Belum Optimal - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Upaya Meminimalkan Kenakalan Pelajar Belum Optimal

Upaya Meminimalkan Kenakalan Pelajar Belum Optimal

Written By Mang Raka on Senin, 26 September 2016 | 12.00.00

KARAWANG, RAKA - Upaya meminimalkan kenakalan pelajar perlu dilakukan. Untuk perlu keterlibatan berbagai pihak, termasuk pihak sekolah dan orang tua murid. Selain itu, hal lain juga penting dilakukan adalah menanamkan moral kepada siswa sebagai fondasi agar tidak terpengaruh dengan aksi-aksi yang mengundang kenakalan.

Pemerhati masalah pendidikan Jeje Fauzi mengatakan itu, kemarin. Jeje menggaris bawahi hakekat sebuah pendidikan adalah mendidik siswa agar menjadi manusia yang baik dan dan menjalankan fungsinya sebagai anak didik. "Hakekat pendidikan dalam penanaman moral mesti dilakukan terhadap generasi di wilayah Kabupaten Karawang. Ini penting dilakukan mengingat masing seringnya terjadi aksi-aksi tawuran dilingkungan pelajar," tandasnya.
Selama ini, dilanjutkannya, dalam berproses didunia pendidikan mulai dari tingkatan Sekolah Dasar, SMP, hingga SMA/SMK sederajat, pondasi agama mesti harus dilakukan, dalam upaya meminimalisir tindakan-tindakan yang mengundang kenakalan. Selain itu, pentingnya pendalaman ilmu agama dikalangan pelajar SMA/SMK dapat menjadikan pembentukan akhlak yang berkualitas.
Masih dikatakan Jeje yang juga pengurus Badan Eksekutif STEI Bina Cipta Madani Karawang di bidang Kementerian Kemahasiswaan, selama ini, nampak ironis karna tidak sedikit pelajar di wilayah Kabupaten Karawang mulai dari tingkat SMP, SMA/SMK, hingga Mahasiswa, kesadaran belajarnya masih nampak rendah. Padahal tuntutan untuk meningkatkan kualitas semakin gencar dilakukan pihak sekolah melalui berbagai programnya.
Kendati demikian, Jeje juga harus mengakui, kalau apa yang dilakukan pihak sekolah itupun masih belum mampu menembus dinding kemampuan yang maksimal. “Kalau diperhatikan, sangat ironis kondisinya, walau kita cukup takjub dengan upaya pihak sekolah diberbagai daerah yang terus mengelindingkan berbagai program untuk pemupukan siswa, namun dampak dari itu belum dirasakan secara optimal," katanya.
Selain itu, sambung dia, dengan adanya pemupukan pondasi keagamaan dikalangan pelajar, cukup menjadi sebuah solusi dalam mengatasi berbagai kenakalan remaja saat ini. Hal ini dikarenakan, saat ini semakin menurunnya pendidikan agama dikalangan pelajar. “Mesti ada pendalaman mata pelajaran agama. Biar nanti pondasi mereka terus kuat,” ucapnya.
Dia juga menegaskan, peranan sekolah sangat dominan dalam melakukan upaya tersebut. Karena dengan adanya penanaman moral, yang berbekal pemahaman agama, maka bentuk kenakalan remaja, dapat berangsur teratasi. “Ini berbicara tentang pondasi, maka agar kokoh pondasi pemuda di karawang mesti dilakukan dari lingkungan sekolah,” tandasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template