Uchok Khadafi: Kalau PDAM Mau Maju Ganti Dirutnya - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Uchok Khadafi: Kalau PDAM Mau Maju Ganti Dirutnya

Uchok Khadafi: Kalau PDAM Mau Maju Ganti Dirutnya

Written By Mang Raka on Kamis, 01 September 2016 | 19.27.00

KARAWANG, RAKA - Kinerja Perusahaan Daerah Air minum (PDAM) Tirta Tarum Karawang dinilai mengecewakan. Pasalnya pelayanan PDAM tidak maksimal, oleh karenanya banyak yang mengeluhkan pelayanan perusahaan plat merah tersebut.
Direktur Center For Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi mengatakan, PDAM Tirta Tarum mendapat pertumbuhan laba dari tahun 2010 ke 2011 sebesar Rp 1 miliar. Sedangkan pertumbuhan laba dari tahun 2011 ke 2012 sebesar Rp 796 miliar. "Tapi pertumbuhan laba dari tahun 2012 ke 2013 turun dratis, dan menyedihkan, karena hanya sebesar Rp 110 juta," ujar Uchok.
Untuk pertumbuhan laba dari tahun 2013 ke 2014 sebesar Rp 2,8 miliar dan dari tahun 2014 ke 2015 naik tinggi sebesar Rp 5 miliar. Selanjutnya, kenaikan pertumbuhan laba pada tahun 2015 bisa sampai sebesar Rp 5 miliar.
Pertumbuhan laba ini, sungguh sangat cukup fantastis lantaran, tahun tahun sebelumnya, laba PDAM Tirta Tarum Kabupaten Karawang, paling tinggi hanya sebesar Rp 2,8 miliar, dan paling rendah hanya sebesar Rp 110 juta. "Pertumbuhan kenaikan laba tahun 2015 sebesar Rp 5 miliar hanya sebuah prilaku cari perhatian dari dirut PDAM, Yogie Patriana Alsjah ST kepada Ibu Bupati, dr Celica agar jabatan dirut PDAM tetap dipertahankan, menimal menjabat sebagai Plt (pelaksana tugas)," tudingnya.
Sebetulnya, tambah Uchok, kinerja Direktur Utama PDAM Karawang Yogie Patriana Alsjah ST, mengecewakan dari sudut pandang kehidupan perusahaan ke depan. Dan perusahaan ini bisa bisa tidak maju-maju. Hal itu juga bisa dilihat dari buruknya pelayanan kepada pelanggan. "Pelayanannya ambradul karena kurang responsif atas keluhan pelanggan. Ada pipa bocor, malahan dibiarkan saja, dan tidak langsung ditindak untuk diperbaiki," ujarnya.
Kemudian, dari penerimaan pendapatan, PDAM yang dipimpin oleh Yogie Patriana Alsjah ST, tidak selalu membanggakan, dan bisa membangun perusahaan air yang handal di Karawang. Karena, kalau dilihat dari pertumbuhan laba perusahaan PDAM setiap tahun, kalau dirata-ratakan maka perusahaan yang besar ini sangat prihatin, lantaran pendapatan pertumbuhaan laba rata-rata per tahun hanya sebesar Rp 1,4 miliar.
"Padahal, aset sangat besar dan pada tahun 2015 saja berjumlah sekitar Rp 137,3 miliar. Dimana kalau aset senilai Rp 137,3 miliar, misalnya dijual atau dideposito di sebuah bank maka bunganya per bulan akan menghasilkan uang sebesar Rp 5,8 miliar, dan per tahun diperkirakan bisa menghasilkan bunga sebesar Rp 70 miliar," paparnya.
Saat ini, tambah Uchok, atau tahun 2015, laba PDAM Tirta Tarum hanya sebesar Rp 12,9 miliar per tahun. Jadi, laba sebesar Rp 12,9 miliar, memperlihatkan perusahaan air minum ini tidak sehat dalam pengelolaannya. Seharusnya, semakin aset besar, keuntungan atau laba yang diperoleh harus tinggi, dan bukan di bawah bunga depesito bank.
"Dari gambaran di atas, kami dari CBA (Center for Budget Analysis) meminta kepada Bupati Cellica, kalau ingin memperbaiki perusahaan air milik daerah ini, harus dilakukan, pertama, untuk segera Plt Yogie Patriana Alsjah ST digantikan oleh manusia yang punya kapasitas baik dan unggul dalam pengelola PDAM milik rakyat Karawang," ujarnya.
Hal itu penting dilakukan, agar laba bisa meningkat untuk setiap bulan agar investasi PDAM bisa berkembang, dan pelayanan kepada masyarakat bisa memuaskan. "Dan yang kedua, jangan ada lagi plt atau pelaksana tugas dalam perusahaan air ini. Yang harus ada adalah direktur defenitif biar ada kepastian hukum dalam semua kebijakan PDAM ini," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Setuju Pak Ucok Khadafi,... dan tidak hanya Dirut tetapi jajaran Direksi lainnya agar diantaranya diambil dari Kalangan profesional yang pernah menangani perusahaan/Badan usaha komersial sebagai Direksi atau pada jabatan manajemen setingkat dibawah Direksi. Perekrutannya agar dilakukan secara terbuka (minimal melalui media masa lokal) untuk mencari kader terbaik. Utamakan Kader yang berdomisili permanen di Karawang

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template