Terpidana Boleh Nyalon di Pilkada - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Terpidana Boleh Nyalon di Pilkada

Terpidana Boleh Nyalon di Pilkada

Written By Mang Raka on Rabu, 28 September 2016 | 15.30.00

- Berdasar PKPU Nomor 9/2016

PURWAKARTA,RAKA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta tidak mempermasalahkan penetapan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 9 tahun 2016 tentang Pencalonan. Isi PKPU Nomor 9 yang menyertakan bahwa calon yang berstatus terpidana percobaan diperbolehkan ikut dalam pencalonan pemilihan kepala daerah. Pembolehan ini disahkan oleh DPR, Kemendagri, KPU dan Bawaslu pada Agustus 2016 lalu.
Padahal, PKPU Nomor 9 tahun 2016 tentang Pencalonan ini dianggap bertentangan dengan Undang Undang Pilkada pada Pasa 7 ayat (2) butir G yang menyebutkan tidak dibolehkan seorang yang dalam status terpidana untuk mencalonkan diri. Saat Rapat Dengar Pendapatan oleh Komisi II, DPR meloloskan PKPU 9, dimana calon dengan status terpidana percobaan dapat mencalonkan pemilihan kepala daerah lantaran keputusan pidana percobaan dinilai belum berkekuatan hukum tetap.
Ketua KPU Kabupaten Purwakarta, Deni Ahmad Haidar mengatakan, karena bentuknya PKPU, maka mau tidak mau KPU daerah termasuk Purwakarta harus mengikuti peraturan itu. Pasalnya KPU daerah hanya sebagai pelaksana dari kebijakan yang dibuat oleh KPU RI. "Kita mengikuti peraturan yang sudah jadi saja, jadi tugasnya hanya menjalankan PKPU tersebut," kata Deni, Selasa (27/9) saat ditemui di sela-sela  acara pelantikan pengurus DPD Golkar Purwakarta, Kecamatan Bojong.
Menurutnya, kalaupun ada kelompok atau masyarakat yang merasa berkeberatan dengan terbitnya PKPU 9 ini, disarankan untuk melakukan gugatan ke Mahkamah Agung (MA). Karena menurutnya keputusan pengesahan PKPU 9 sudah final, maka proses revisi yang dapat dilakukan adalah melalui gugatan. "Prosesnya bisa melakukan gugatan agar PKPU 9 ini dapat direvisi dan menghilangkan klausul pembolehan calon dengan status pidana percobaan," pungkasnya.(gan)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template