Tanah Timbul Makin Luas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tanah Timbul Makin Luas

Tanah Timbul Makin Luas

Written By ayah satria on Kamis, 15 September 2016 | 14.04.00

Sebagian Sudah Disertifikatkan

CILAMAYA KULON, RAKA - Di saat laut utara Karawang sebagiannya mulai terkikis abrasi seperti Kecamatan Pakisjaya, Cibuaya hingga Sungaibuntu dan Cilebar, tanah-tanah timbul justru muncul setiap tahun di laut Karawang yang bermuara di arah timur seperti Tempuran, Cilamaya Kulon dan Cilamaya Wetan. Tanah timbul tanpa "Reklamasi" itu semakin luas dan dimanfaatkan pecinta lingkungan sebagai lokasi tanam mangrove.
Penyelia tanaman Mangrove asal Muarabaru Kecamatan Cilamaya Wetan, Toni misalnya, ia menilai, tanah timbul di Muarabaru diakui berkembang baik secara alami. Makanya lokasi ini cocok menjadi sentra penanaman mangrove. Namun, meskipun jarang merasakan dampak abrasi separah laut di barat Karawang, bukan berarti tanah timbul aman.
Sebab, sejak isu pelabuhan mencuat, tanah-tanah tak bertuan yang rata-rata dijadikan orientasi bisnis seperti tambak, itu tidak sedikit diklaim dan disertifikatkan, bahkan diantaranya rela menebas mangrove yang diurus sendiri untuk meraup keuntungan. Karenanya, meskipun tidak terlalu parah dampak abrasinya, namun saat banjir rob, tetap saja tanah-tanah timbul itu dilintasi. "Iya banyak setiap tahun hektaran muncul tanah timbul baru secara alami," ungkapnya.
Sementara itu, mengantisipasi klaim atas tanah timbul lebih jauh, Ketua Pokmaswas Mina Jaladri Pasirputih Suhaeri, secara swadaya segera menanami mangrove yang diberi garis. Karena, dari hasil studi banding di wilayah Pekalongan, pihaknya terinspirasi menjadikan hutan mangrove di Karawang ini menjadi wisata bahari yang memiliki potensi seperti daerah lainnya.
Untuk itu, tanah-tanah timbul di Pasirputih yang meluas setiap tahun, ditanami mangrove dengan keranjang yang rutin dibuat pemerhati lingkungan. Sehingga, saat tumbuh nanti, hutan manrove Karawang ini bisa menjadi andalan wisata. "Tanah timbul di Pasirputih ini selalu kami bersihkan dari sampah dan kami tanami mangrove, agar tanah timbul terus meluas," kata dia. (rud)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. harusnya pemerintah daerah tanggap terhadap tanah timbul tersebut

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template