SMPN 2 Majalaya Luncurkan Jumba - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SMPN 2 Majalaya Luncurkan Jumba

SMPN 2 Majalaya Luncurkan Jumba

Written By Mang Raka on Kamis, 08 September 2016 | 12.30.00

MAJALAYA, RAKA – Untuk menumbuhkan minat membaca di kalangan pelajar SMPN 2 Majalaya mengadakan program Jumat Baca (Jumba), dimana setiap minggunya, seluruh siswa melakukan aktifitas membaca secara serempak.

Selain itu, dalam mewarnai kemeriahan, Jumat Baca yang dilakukan para siswa di lingkungan halaman sekolah secara masal. Tidak ingin tertinggal, para guru di SMP itu ikuti program tersebut. Diharapkan dengan adanya Jumba bisa menjadikan upaya pihak sekolah dalam menumbuhkan rasa ketertarikan siswa dalam minat membaca. “Saat ini, dalam membaca di lingkungan pelajar, cukup memprihatinkan ditingkat Kabupaten Karawang, akan tetapi, masih banyak cara dalam menumbuhkan siswa untuk dapat senang dalam membaca nantinya,” tutur Sri, Wakil Kepala Sekolah SMPN 2 Majalaya, kepada Radar Karawang ketika ditemui dlingkungan sekolah.
Lebih lanjut, Sri, dalam progam sekolah, yang diperuntukan agar dapat melestarikan budaya membaca ditingkat generasi muda, khususnya seluruh siswa di SMPN 2 Majalaya,  agar menjadi salah satu upaya melestarikan budaya membaca. Diharapkan, dengan adanya program Jumat Baca tersebut. Para siswa yang ada di lingkungan sekolahnya terbiasa untuk membaca. “Kami berharap dengan adanya program baru ini, yang sudah berjalan di tahun ini, bisa menjadi salah satu bentuk pembimbingan kami , selaku pihak sekolah agar seluruh siswanya dapat terbiasa membaca buku, agar nantinya minat membaca dikalangan anak muda kembali tinggi,” terangnya.
Tak ayal, baginya, selain siswa yang mengikuti program Jumat Baca, tidak kalah serunya, para guru SMPN 2 Majalaya ikut dalam program membaca. “Kami tidak hanya menekankan kepada seluruh siswanya saja, tapi, guru-guru juga ikut dalam program ini, mereka pun, ikut membaca buku yang ada diperpustakaan, dengan di gelar di halamanan sekolah,” ucapnya.
Selain itu, dia melanjutkan, dalam program melestarikan budaya baca di sekolahnya, dalam durasi waktu 30 menit, siswa dan guru yang ikut program tersebut pun, diberikan kebebasan membaca buku. Hal ini menjadikan, setiap minggunya, selalu di gelar. “Seluruh siswa diberikan waktu 30 menit, mulai dari jam 7 pagi, mereka pun bebas membaca buku apa saja, yang ada di sediakan di perpustakaan sekolah, sama juga guru-guru pun seperti itu,” terangnya.
Sementara hal serupa disampaikan, pihak Kepala Sekolah SMPN 2 Majalaya, ketika ditemui di ruang kerjanya, bahwa, memang dibenarkan saat ini, dalam menumbuhkan minat pelajar yang ada disekolahnya, program Jumat Baca diadakan setiap minggunya. Hal ini sudah berlangsung dari bulan lalu. “Benar kami ada program, untuk menumbuhkan keinginan siswa dalam membaca, setiap hari jumat ada waktu di pagi hari, menjalankan program membaca secara masal, dilakukan oleh seluruh siswa maupun para guru,” paparnya.
Maka dari itu, dia berharap, dengan adanya program tersebut, dapat menjadi salah satu upaya pihak sekolah agar dapat menjadikan seluruh siswa yang ada dilingkungan sekolahnya terus dilestarikan budaya baca. “Saya berharap, dengan adanya program membaca yang dilakukan seluruh siswa dan guru, bisa menjadikan salah satu upaya kami untuk meningkatkan minat generasi muda dalam membaca, karena selama ini budaya membaca masih dinilai minim untuk tingkat karawang,” tandasnya.
Disamping itu, Alda Ketua Osis SMPN 2 Majalaya, menambahkan, kalau program membaca yang dilakukan seluruh siswa di smpn 2 majalaya tersebut, merupakan program yang dialakukan pihak sekolah dalam melestarikan budaya membaca di lingkungan sekolahnya. ADapun itu, antusiasme para siswa pun, cukup tinggi. Hal ini ditunjukan mulai dari anak kelas tujuh hingga kelas Sembilan, ikuti program yang dilakukan setiap minggunya. “Iya, ada program wajib membaca setiap minggunya, itu sekitar 30 menit waktu membacanya, yang mengadakan pihak sekolah. Tujuannya agar siswa disini bisa terbiasa untuk mau membaca,” pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template