SMPN 2 Lemahabang Kurban di Hari Kedua Idul Adha - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SMPN 2 Lemahabang Kurban di Hari Kedua Idul Adha

SMPN 2 Lemahabang Kurban di Hari Kedua Idul Adha

Written By ayah satria on Kamis, 15 September 2016 | 14.06.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Ratusan siswa dan guru SMPN 2 Lemahabang menggelar penyembelihan hewan kurban di sekolah pada Rabu (14/9) kemarin. Penyembelihan sapi di hari tasyrik kedua paska Idul Adha tersebut merupakan kurban dari 5 orang guru dan hasil patungan para siswa. Selain dibagikan kepada para siswa kurang mampu, warga sekitar sekolah juga kebagian daging potong jenis sapi tersebut.
Panitia Kurban SMPN 2 Lemahabang, Drs Roba'I Syamsuri mengatakan, sudah kesekian kalinya pihak sekolah menggelar kegiatan penyembelihan kurban. Saat ini, terdapat 1 ekor sapi untuk kurban 5 orang guru dan hasil patungan para siswa. Ia memilih hari tasrik kedua sebagai waktu penyembelihan, karena pada Rabu ini merupakan hari efektif kerja dan bersekolah. Makanya sapi yang dibeli seharga lebih dari Rp 20 jutaan ini langsung didistribusikan panitia termasuk bantuan OSIS kepada siswa kurang mampu di masing-masing kelas sekitar 7-10 orang. Tidak hanya itu, daging kurban yang disisir melalui kantong plastik ini juga disebar kepada warga sekitar sekolah yang sudah terdata sebelumnya oleh panitia. "Kita kurban setiap tahun, guru 5 orang dan selebihnya hasil patungan siswa mampu," kata dia.
Lebih jauh Robai menambahkan, dari kegiatan kurban di sekolah ini, ia memberikan 3 pesan kepada siswa. Pertama, ajang kurban ini adalah momen mendekatkan diri kepada Allah SWT sekaligus meningkatkan kadar iman. Disamping juga menyampaikan hikmah sosial, karena kurban ini harus tepat jatuh kepada sasaran yang kurang mampu sebagai wujud kebersamaan dan saling merasakan.
Terakhir lanjut Robai, lewat kurban ini jalinan ukhuwah islamiyah dan basyariyah lebih terjaga antara yang beruntung maupun yang kurang beruntung. Sehingga persatuan antarsesama muslim ini terjaga baik lewat ibadah kurban, meskipun sebatas belajar bagi siswa-siswi SMPN 2 Lemahabang ini. "Hikmah kurban bagi siswa ini selain mendekatkan diri kepada Allah, juga sebagai wujud persaudaraan dan menanamkan kesalehan sosisal bagi siswa sejak dini," katanya.
Lebih jauh ia berharap, kurban ini bisa terus digelar setiap tahun sebagai upaya meningkatkan iman dan pembelajaran antar kelas. Sekaligus menyadarkan perintah kurban sebagaimana yang tersirat dalam Alquran. "Semoga perolehan infaknya kedepan bisa lebih meningkat dan terus bisa berkurban setiap tahunnya," kata dia.
Sementara itu, Wakil Kepala Kesiswaan SMPN 2 Lemahabang, Asmadi S.pd mengatakan, penyembelihan hewan kurban ini adalah pembelajaran kesalehan sosial bagi para siswa. Pihak sekolah mengapresiasi 5 guru yang menyalurkan kurbannya dan dipercayakan kepada pihak sekolah. Di samping sisanya dari para siswa. Kegiatan ini sudah berlangsung setiap tahun, karena distribusi daging kurban sendiri diberikan langsung kepada para siswa yang kurang mampu dan masyarakat sekitar. "Alhamdulillah 5 orang guru kurban langsung di sekolah, karena penyaluran kurbannya juga bagi para siswa yang kurang mampu," kata dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template