SMKN 1 Cikampek Juara Lomba Robotik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SMKN 1 Cikampek Juara Lomba Robotik

SMKN 1 Cikampek Juara Lomba Robotik

Written By Mang Raka on Selasa, 06 September 2016 | 14.00.00

KARAWANG, RAKA - Bangga dan penuh rasa syukur, itulah ungkapan yang terus disampaikan oleh keluarga besar Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Cikampek saat meraih juara pertama dalam perlombaan mechatronics competition lomba robot avoider yang diselnggarakan oleh Politeknik Engineering Indorama se-Purwasuka di Purwakarta kemarin. Hebatnya, sekolah tersebut mampu bersaing dengan 12 sekolah kejuruan yang ada di Subang, Purwakarta dan Karawang.
Arie Silva, siswa kelas 12 Elektronika Industri 2 yang mewakili sekolah dalam perlombaan tersebut, mengaku bangga dirinya tidak menyangka bisa mendapatkan juara pertama. Padahal, kata dia, segala persiapan dalam mengikuti perlombaan dilakukan secara dadakan. "Sumpah gak nyangka banget malah bisa dapat juara pertama, padahal persiapan aja kalau bisa dikatakan dadakan memang dadakan, untuk ikut teknikal meeting saja kita telat apalagi sampai jadi juara, bener-bener gak nyangka," ungkapnya.
Satu tim kerjanya dalam perlombaan tersebut, Muhammad Irvan yang juga merupakan satu teman kelas Arie Silva, juga menyampaikan bahwa dalam perlombaan tersebut setiap sekolah bisa mengirimkan lebih dari beberapa tim. Namun untuk sekolahnya hanya mengirimkan satu tim saja yang beranggotakan 3 orang. Dengan mampu bersaing dengan 32 tim dari 12 sekolah tersebut merupakan suatu capaian yang sangat luar biasa. Apalagi prestasi tersebut merupakan prestasi perdana bagi kelas elektronika di sekolah itu. "Alhamdulilah untuk pertama kalinya juga kita bisa membawa nama baik sekolah ke tingkat tinggi, tentunya sangat bangga dan seneng," ucapnya penuh bersyukur.
Dalam perlombaan tersebut dia menjelaskan, bahwa setiap siswa harus mampu membuat program standar sempurna untuk menghiduokan sebuah robot. Jadi, kata dia, setiap tim hanya membuat program saja dalam perlombaan tersebut. "Kita tidak buat robot tapi kita hanya membuat program standar dalam yang bisa lebih sempurna." tuturnya.
Sementara Wakasek Kesiswaan, Rosli SP, mengaku bangga dengan prestasi yang dapat diraih oleh siswa. Karena hal tersebut, merupakan suatu capaian yang baru bagi sekolah terutama elektronika. Dengan membebaskan siswa untuk terus berlatih dan berkembang dalam hal pelajaran atau praktek, membuat siswa menjadi lebih semangat dalam berlatih. "Bangga dan seneng, semoga bisa menjadi semangat atau motivasi bagi siswa lainnya dalam terus berprestasi, bukan hanya itu setiap jurusan kita selalu berikan fasilitas agar mereka bisa terusberkembang mengembangkan bakat mereka," ucapnya. (yna)
Berbagi Artikel :

2 komentar:

  1. Sekolah gw ini... jadi kangen masa-masa sekolah... yang panas suhunya serius di tahun 2003-2006 ...

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template