Siap Hadapi Perubahan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siap Hadapi Perubahan

Siap Hadapi Perubahan

Written By Mang Raka on Rabu, 21 September 2016 | 14.30.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Instrumen penilaian akreditasi dari Badan Akreditasi Provinsi (BAP) mengalami perubahan di tahun 2017 mendatang. Selain mengancam merosotnya predikat status nilai akreditasi SMA yang sudah berlabel "A", juga bisa mengurangi poin lulusannya saat saringan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).
Meski sejumlah SMA Negeri dan Swasta yang habis akreditasinya 2017 mendatang ditawari akreditasi dimajukan 2016 ini, beberapa diantaranya tetap mengajukan prosesnya tetap dilakukan 2017 mendatang.
Diakui Kepala SMAN 1 Cilamaya Eman Sulaeman, sekolahnya yang terakhir akreditasi tahun 2012 dengan peringkat A dan persentase nilainya 92, akan berakhir di tahun 2017. Namun, senasib dengan SMA lainnya yang satu angkatan, pihaknya juga ditawari agar bisa diproses asesor tahun 2016 ini, karena alasan perubahan instrumen akreditasi tahun depan, utamanya soal skala nilai yang lebih tinggi.
Sebab, jika dulunya peringkat A itu adalah dari persentase 80-100, tapi tahun depan dipatok dari 90-100 persen, sehingga, turun satu poin saja 89 persen misalnya, predikatnya menjadi B.
Hal ini tambah Kepala SMA asal Subang ini, memang agak sedikit mengkhawatirkannya, karena, predikat hasil Akreditasi itu bukan saja soal mengetahui kelemahan dan evaluasi sekolah saja, tetapi juga pada status para alumninya, karena status A bagi SMA ini menambah poin kemudahan masuk saringan perguruan tinggi negeri. "Memang ada sedikit ke khawatiran sih soal perubahan instrumen ini, tapi walau ditawari tahun ini, kita tetap meminta waktu akreditasi tahun depan saja walau isntrumennya berubah," ungkapnya.
Lebih lanjut Eman menambahkan, meskipun demikian, SMAN 1 Cilamaya tidak sendiri, sebab ada sekitar 10 SMAN lainnya yang siap akreditasi di tahun 2017 mendatang, tentunya, persiapan kelengkapan administrasi, dokumen dan lainnya disiapkan sedari saat ini agar bisa memenuhi 8 standar akreditasi yang rutin 5 tahun sekali tersebut.
Dirinya berharap, SMA dengan jumlah guru PNS 19 orang dan non PNS 18 orang ini tidak turun tingkat soal predikat yang sudah disandingnya, sehinggi nilai persentase lebih dari sebelumnya tetap bisa terlampaui. Sehingga, dalam waktu setahun terakhir jelang akreditasi tahun depan, ia yakin, start persiapan yang saat ini dilakukan bisa mengejar kelengkapan yang ada ke depan, termasuk sarana prasarananya. "Kita tetap siap tahun depan, tapi start dari saat ini untuk memantapkan hasil yang diharapkan," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template