Sembako di Pasar Loji Mendadak Naik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sembako di Pasar Loji Mendadak Naik

Sembako di Pasar Loji Mendadak Naik

Written By Mang Raka on Senin, 05 September 2016 | 12.00.00

TEGALWARU,RAKA - Menjelang Hari Raya Idul Adha sejumlah kebutuhan pokok di Pasar loji mengalami kenaikan. Lonjakan harga tersebut diduga akibat pendistribusian mengalami masalah sehingga memicu pembengkakan biaya transportasi.

Beberapa bahan pokok mengalami hingga 20 % -50% dari harga sebelumnya."Pasokan kebutuhan pokok lambat hingga membuat beberapa harga sayur mayur merangkak naik," ujar Pedagang kebutuhan pokok di Pasar Loji, Wahyudi, Minggu (4/9). Menurut dia kenaikan itu menjadi dilema bagi pedagang. Kalau sesuai aturan main untuk jual ke pelanggan akan banyak pelanggan yang kabur. Makanya, agar kenaikan itu tidak begitu terasa ditingkat konsumen barang dijual dalam bentuk satuan, bukan grosir atau kiloan.
Hal senada dipaparkan Amir (37), pedagang ikan asin. Dirinya pun kecipratan masalah dari naiknya beberapa harga kebutuhan pokok hingga membuat harga ikan asin dari beberapa jenis pun ikut naik. Akan tetapi kenaikan harga di kios nya tidak sangat signifikan mengingat yang naik hanya jenis palawija dan bahan pokok saja. "Kalau dagangan saya juga ikut naik tinggi maka kenaikan harga kali ini cukup membuat warga jelang Lebaran haji, cukup menguras pengeluaran jika berbelanja. Ikan asin kadang jadi alternatif warga rayakan Idul Adha. Bahkan ada warga sengaja membeli ikan dengan kuantitas banyak," ungkapnya.
Masih dikatakannya, kadang lebaran pun banyak diselingi dengan menkonsumsi ikan asin pula. Tidak sedikit warga yang apatis kepada daging kambing atau domba. "Kenaikan kali ini memang dianggap sudah biasa. Tapi sedikit berbeda harga ikan jualan saya tidak ikut bersaing," kelakarnya.
Demikian dengan H.Ading (45), pemilik kios daging pun menegaskan, kebutuhan dan ketersediaan daging kambing dan daging sapi di musim lebaran kali ini tidak semeriah penjualan di Idul fitri. Kebanyakan warga di Idul adha, masing-masing adakan penyembelihan. Maka harga daging tidak seberuntung harga beberapa bahan pokok yang alami kenaikan.
"Saya berharap kami juga kena dampak yang kurang seberuntung pedagang sayur mayur atau kebutuhan pokok. Kenaikan saat ini tidak setinggi tahun sebelumnya. Secara keseluruhan masih dianggap stabil. Hanya sayur-mayur saja yang mengalami kenaikan. Di Pasar Loji tidak ada operasi pasar karena masih dalam keadaan kondusif, dan warga pun masih dalam keadaan masih bisa berinteraksi dengan kenaikan beberapa harga bahan pokok yang alami kenaikan," paparnya. (yfn)




Data
Sembako              Setelah Naik            Sebelum Naik
Bawang Merah         Rp 40.000/kg            Rp 20.000/kg
Cabai Keriting       Rp 32.000/kg            Rp 15.000/kg
Terigu               Rp 18.000/kg            Rp 12.000/kg

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template