Sekolah di Tegalwaru Diusulkan Wajib Tong Sampah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sekolah di Tegalwaru Diusulkan Wajib Tong Sampah

Sekolah di Tegalwaru Diusulkan Wajib Tong Sampah

Written By Mang Raka on Selasa, 06 September 2016 | 14.30.00

TEGALWARU,RAKA - Hampir seluruh sekolah dasar di lingkungan Kecamatan Tegalwaru belum memiliki tempat pembuangan sampah. Akibatnya siswa yang membawa sampah terpaksa membuang sampah di lahan terbuka.

Sebenarnya cara efektif memberikan sikap yang bijak adalah ketersediaan tempat sampah di sekolah-sekolah. Keberadaan tempat sampah adalah cara yang tepat memperkenalkan kepada siswa, bahwa membuang sampah pada tempatnya adalah suatu perbuatan terpuji. Tapi karena tidak adanya tempat sampah yang memadai maka siswa pun seolah mencari cara yang efektif membuang sampah, hingga pada akhirnya lahan terbuka pun dijadikan sasaran.
Mereka tidak tahu sampah malah bisa menjadi pengganggu kesehatan bagi dirinya. Pemerintah pun harus turut serta memikirkan upaya yang aktual agar siswa pun tidak lagi membuang sampah sembarang tempat. Apalagi dekat dengan aktivitas mereka belajar. Seperti diungkapkan pemerhati lingkungan dan juga ketua organisasi kepemudaan di Kecamatan Tegalwaru, Solihin Fuadi (37), memberi dampak yang bisa dipahami dengan benar sejak dini perlu ditanggapi serius.
Siswa sekolah dasar adalah siswa usia dini yang diberikan pemahaman serius tentang sampah. Kebiasaan yang buruk akan terus berdampak hingga mereka dewasa. "Cukup diarahkan bahwa ada tempat membuang sampah. Hal itu justru cukup efektif bagi siswa di usia sekolah dasar. Mereka akan meresponsnya dengan baik. Keterlibatan guru dalam mendidik memahami bahaya sampah bagi kesehatan pun harus ditanggapi serius. Maka saya yakin siswa di usia produktif mereka akan dengan mudah di serap dan di sosialisasikan," tegasnya.
Hal senada diutarakan Ahmad zaelani (31), instruktur Pencinta alam di sekolah tingkat atas di Tegalwaru. D butuhkan keseriusan bagi para pengajar dalam peran sertanya terhadap permasalahan sampah. Menurutnya, hal yang lebih mudah pun bisa diambil serta konsistensi, pangkal dari keseriusan menghadapi persoalan sampah saat ini. "Ada hal mudah dalam memberikan penegasan bagi siswa usia sekolah dasar. Bisa saja sekolah menyediakan sarana yang mudah seperti plastik besar dengan tulisan untuk membuang sampah, itu menurut saya cara mudah. Siswa pun bisa diajari cara-cara membuat tempat sampah yang layak," tandasnya.
Andri (32) guru di Sekolah dasar Mekarbuana I mengatakan, saat ini sekolahnya sudah menyediakan sarana tempat sampah yang jauh lebih baik. Bahkan kini sudah di sediakan tong sampah agar siswa tidak lagi membuang sampah sembarangan. Hanya saja yang kini menjadi kekalutannya pembuangan sampah akhirnya tidak ada. "Untungnya pihak sekolah menyediakan bak satu meter dan kami pun mesti membakar sampah agar tidak dibuang ke sungai. Saya berharap pemerintah bisa menyiapkan lahan tempat sampah akhir agar sekolah-sekolah yang lainnya tidak kebingungan dimana mesti membuang sampahnya," paparnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template