Sekda Tawarkan Dewan LPSE - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sekda Tawarkan Dewan LPSE

Sekda Tawarkan Dewan LPSE

Written By Mang Raka on Jumat, 09 September 2016 | 12.00.00

Acep Jamhuri: Tidak Bagus Proyek Jalan Dikerjakan Banyak Kontraktor

KARAWANG, RAKA - Dana aspirasi untuk pembangunan infrastrukur harus disesuaikan dengan kondisi infrastruktur yang akan dibangun. Misalnya untuk membangun jalan tidak bisa menggunakan model penunjukan langsung karena kebanyakan biayanya diatas Rp 200 juta.

Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP), Acep Jamhuri, menegaskan itu, kemarin. Dia khawatir jika dipaksakan dengan model penunjukkan langsung (PL) bisa melibatkan lebih dari satu kontraktor. Dan itu, menurut kepala dinas ini dapat mengganggu kualitas. "Tidak bagus jika pembangunan jalan desa dikerjakan banyak kontraktor karena kualitas jalan juga tidak akan maksimal. Tapi kalau untuk jalan lingkungan (Jaling) itu bisa menggunakan PL karena anggarannya bisa dibawah Rp 200 juta," kata Acep.
Pembangunan infrastruktur, lanjut Acep, juga harus menyesuaikan dengan program pemerintah hingga ada kesinambungan antara program dewan dengan Pemkab Karawang. Untuk beberapa infrastruktur memang sebaiknya menggunakan layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) agar dalam pelaksanaannya tidak bermasalah dikemudian hari. "Fleksibel saja kalau harus LPSE atau PL kan tinggal melihat kondisinya. Jadi tidak perlu dipatok harus menggunakan PL nanti malah kita yang repot," katanya.
Sebelumnya Sekretaris Daerah (Sekda) Teddy Ruspendi, mengakui masih ada perbedaan antara eksekutif dengan DPRD terkait dengan teknis pelaksanaan penyaluran dana aspirasi. Pihak Pemkab berkeinginan seluruh pelaksanaan pembangunan infrastruktur melalui jalur aspirasi dewan dilakukan sekaligus tidak terpecah. Sementara anggota dewan berkeinginan proyek infrastruktur dipecah menjadi penunjukan langsung (PL).
"Jika penunjukan langsung nilainya proyeknya sekitar Rp 200 juta itu tidak cukup untuk membangun jalan di desa harus dikerjakan dengan beberapa kontraktor baru selesai. Kondisi ini bisa merepotkan dan bisa mengganggu kualitas pekerjaan. Kita ingin proyek itu dikerjakan sekaligus saja dengan cara melalui LPSE atau dilelang," katanya. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template