Sampah Berserakan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sampah Berserakan

Sampah Berserakan

Written By Mang Raka on Kamis, 29 September 2016 | 12.00.00

PROGRAM pemerintah Kabupaten Karawang (Pemkab) dalam mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih ternyata masih jauh dari harapan. Seperti terlihat di Perumahan Buana Tamansari RT 13/03 Desa Margasari, Kecamatan Karawang Timur, Rabu (28/9) sampah berserakan d seberang jalan samping saluran air.

Bukan hanya itu kesadaran masyarakat sendiri akan pentingnya kebersihan harus pula ditumbuhkan dalam setiap kesadaran manusia itu sendiri. Karena bagimanapun tidak ada suatu wilayah yang berkembang besar ketika Sumber Daya Manusia (SDM) Itu sendiri tidak bisa menafaatkan Sumber Daya Alam yang ada. “Seharusnya jangan hanya nyalahin pemerintah terus sih, mulai dri diri sendiri aja kita belum sadar akan kebersihan, kenapa saat melihat sampah yang bertumpukan itu kita biarkan, ketika datang musim hujan baru kita repot sendiri,” kata Mia, ibu rumah tangga yang hendak belanja ke warung.
Menurutnya program kebersihan lingkungan sangat bagus dilakukan ketika itu didasari atas kesadaran masing-masing manusia. Maka bagi dia tidak akan ada lagi potret atau gambaran tentang buruknya lingkungan. Bukan hanya itu bahkan bagi dia jangan sampai program kebersihan lingkungan itu hanya diberlakukan di pusat perkotaan saja. Seharusnya masyarakat di perkampungan juga harus mampu memberikan cerminan yang baik dan menjadi contoh teladan bagi kampung lainnya. “Memang ada lomba kebersihan antar antar kampung tapi itu juga dulu skarang sudah tidak ada lagi, coba kalau itu aktif lagi saya yakin warga juga semangat untuk melakukan kebersihan lingkungan bersam-sama,” ucapnya.
Hal serupa juga disampaikan Endang salah satu warga setempat yang terlihat duduk santai di gerbang perumahan menurutnya tumpukan sampah tersebut memang sudah lama tidak dibersihkan, Entah kenapa, namun kata dia masyarakat sendiri itu hanya terlihat acuh dan membiarkan kondisi sampah itu menumpuk. “Sudah dari dulu samah disitu, liat aja sampahnya juga kering karena jarang dibersihkan atau diangkut,” terangnya.
Sementara salah satu pengamat kebersihan lingkungan yang bergerak pula di dunia pendidikan Adiwiyata, Siti Kholisoh menyampaikan bahwa butuh kesadaran masyarakat itu sendiri untuk mewujudkan lingkungan yang bersih. Karena bagi perempuan yang menjabat sebagai guru IPA di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Karawang Timur ini mengaku bahwa sulit ketika tidak ada kemauan yang timbul dari diri sendiri.
“Sebenarnya kontribusi pemerintah dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat itu sudah banyak dilakukan seperti adanya program adiwiyata, namun kita sendiri aja serig melupakan hal yang kecil seperti melihat sampah dijalanan kita acuh, sama aja dengan bohong, belum lagi program Puskesmas tentang kesehatan dan kebesihan itu juga banyak,” pungkasnya. (yna)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template