Rumah Penjual Tuak Digerebek Warga - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Rumah Penjual Tuak Digerebek Warga

Rumah Penjual Tuak Digerebek Warga

Written By Mang Raka on Selasa, 20 September 2016 | 12.30.00

-Barang Bukti Disembunyikan di Kamar Mandi

JATISARI, RAKA - Puluhanan liter tuak yang berasal dari dua rumah warga Perum Cikampek Baru, Desa Balonggandu, Kecamatan Jatisari berhasil diamankan oleh para pemuda setempat, perangkat desa serta anggota Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM), baru-baru ini.
Menurut Kepala Dusun Perum Cikampek Baru, Prajoko, diamankannya puluhan liter minuman tuak itu berasal dari laporan warga. Karena diduga minuman tuak itu dijual bebas kepada para peminatnya. "Ini berkat laporan warga yang merasa keberatan adanya penjualan minuman tuak di lingkungan perum. Akhirnya kami melakukan penggerebekan," ujar Joko kepada Radar Karawang, Senin (19/9)
Ia melanjutkan, minuman tuak yang beredar bebas dikhawatirkan dikonsumsi oleh remaja. Untuk itu, beberapa tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan MUI Desa Balonggadu mendatangi para pemilik minuman tuak di dua lokasi. "Awalnya sih mengelak tidak menjual tuak. Tapi setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata tuak disembunyikan di kamar mandi dan kamar tidur," ujarnya.
Sementara itu Iwan Setiawan, anggota FKPM sangat menyesalkan masih maraknya penjualan minuman tuak di Perum Cikampek Baru. Pasalnya, sudah dilakukan komitmen bersama di kantor pemerintah desa, agar tidak lagi menjual bebas minuman tuak di Perum Cikampek Baru. "Tapi masih tetap saja dilakukan. Apalagi orangnya itu-itu juga," ujarnya.
Sementara Bhabin Bayangkara Polisi Desa Balonggandu dari Polsek Jatisari, Bripka Wagiran menyampaikan, barang bukti minuman tuak dikemas mengunakan galon dan jerigen. "Barang buktinya sudah diamankan berada di dua tempat. Tempat  pertama menggunakan jerigen dan di tempat kedua menggunakan galon," ujarnya. (zie)

Bahaya Meminum Tuak 

Gangguan hati
Terlalu sering minum tuak secara berlebihan dapat memicu penimbunan lemak di sekitar liver.  

Memicu munculnya penyakit maag
Kebiasaan minum tuak dalam keadaan perut kosong dapat menyebabkan sakit maag. 

Gangguan fungsi otak
Mengkonsumsi tuak secara berlebihan dan jangka panjang dapat menyebbakan peradangan dan pembengkakan pada jaringan otak.

Perubahan perilaku
Seseorang yang minum tuak setiap hari mudah marah dan tidak mampu mengendalikan emosinya. 

Lambung luka
Bahaya minum tuak secara berlebihan dapat mengiritasi dinding dan dasar lambung karena air tuak bersifat panas dan tajam. 

Bobot tubuh menurun
Seseorang yang hobi minum tuak akan merasakan tidak berselera untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, roti, kue dan lain lain. 

Jantung bermasalah
Air tuak dapat menegangkan dan mengerutkan aliran darah dan menghambat kelancaran pembuluh arteri jantung 
 
Keguguran
Air tuak yang bersifat panas dapat memberi efek membakar pada organ janin yang baru saja akan terbentuk.  

Keracunan 
Gejala awal keracunan misalnya perut mual, Muntah muntah, kejang-kejang, dan pingsan.

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template