Rayakan HUT Karawang, Pegawai Desa Bersihkan Eceng Gondok - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Rayakan HUT Karawang, Pegawai Desa Bersihkan Eceng Gondok

Rayakan HUT Karawang, Pegawai Desa Bersihkan Eceng Gondok

Written By Mang Raka on Jumat, 09 September 2016 | 13.30.00

CILAMAYA KULON, RAKA - Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Karawang ke 383, Pol PP Kecamatan Cilamaya Kulon bersama pegawai desa nyemplung irigasi sekunder di 6 titik dari hulu hingga hilir. Aksi nyemplung irigasi itu tak lain adalah melaksanakan amanah Bupati untuk menciptakan iklim K3 di lingkungan masyarakat Karawang yang bersih.
Dikatakan Kasie Trantib Kecamatan Cilamaya Kulon, Acep Karimullah, melaksanakan amanat Bupati agar desa dan lingkungan menjalankan K3 untuk kebersihan lingkungan, pihaknya bersama semua pegawai desa di Cilamaya Kulon nyemplung irigasi untuk membersihkan eceng gondok dan sampah yang menghambat masuknya air ke areal pesawahan petani di golongan 4 dan 5.
Tak tanggung-tanggung sebut Acep, kegiatan bersih-bersih irigasi ini dilakukan di 6 titik, masing-masing titik digarap 2 desa. Saluran sekunder yang dibersihkan ini melintang dari Pintu air Peundeuy Lemahabang sampai Alas Malang Pasirukem. "Semua terlibat, mulai Linmas hingga masyarakat, setiap desa kirim 20 orang ikut 'gropyokan' bersihkan saluran ini," tandasnya.
Acep menambahkan, giat bersih-bersih irigasi sekunder mengingat fasilitas ini merupakan jantung pertanian menuju Kecamatan Cilamaya Kulon. Sejauh ini, memang areal sawah belum separah tahun-tahun sebelumnya yang kekurangan air. Akan tetapi minimnya hujan juga bisa mengancam tanaman yang sebagian mulai ditandur. Apalagi, di beberapa titik saluran sekunder banyak ganggang dan eceng godok hingga sampah. Selain mengancam penyempitan pada irigasi, juga bisa membuat saluran air macet.
Sehingga, lewat bersih-bersih yang dipimpin langsung camat ini, setidaknya bisa memperlancar air masuk ke areal pesawahan di Cilamaya Kulon. Mengingat persoalan klasik kurang air ini hampir terjadi setiap tahun. "Kita diarahkan bersih-bersih, gropyokan dipilih agar bisa memperlancar air masuk ke areal pesawahan di Cilamaya Kulon ini," pungkas dia.
Camat Cilamaya Kulon, Dida Rayendra Safirman mengatakan, bersih-bersih irigasi ini dilakukan dari bendungan Sentul Wadas sampai dengan Desa Kiara. Selain kebersihan kantor desa para kades, pengamat pengairan wilayah Lemahabang juga sepakat melaksanakan kebersihan saluran dari tumbuhan ganggang untuk mengantisipasi kekurangan air di daerah utara. Ikut dalam kegiatan gorol ini selain perangkat desa, juga anggota linmas, waker PJT II serta para petani dibantu pengamat dan Pol PP. "Kita laksanakan arahan ibu bupati soal bersih-bersih menyambut HUT Karawang ini," kata dia. (rud)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template