Ratusan Anak Manasik Haji di Karangpawitan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ratusan Anak Manasik Haji di Karangpawitan

Ratusan Anak Manasik Haji di Karangpawitan

Written By Mang Raka on Jumat, 30 September 2016 | 12.30.00

TEGALWARU,RAKA - Sebanyak 100 siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kecamatan Tegalwaru mengikuti manasik haji anak. Kegiatan yang menjadi agenda sekolah tingkat TK, PAUD, atau RA, dimotori langsung Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Kecamatan Tegalwaru, di Lapang Karang pawitan Karawang, Kamis (29/9).

Latihan tersebut merupakan salah satu kegiatan dalam memberikan rangsangan pendidikan kepada anak usia dini, yakni untuk membantu menumbuhkan dan mengembangkan segala potensinya. Hikmah latihan manasik haji bagi siswa PAUD sangat luas, selain mengenal lingkungan baru dan Rukun Islam, juga untuk memupuk iman dan taqwa kepada Tuhan.
Manasik haji adalah peragaan pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya. Dalam kegiatan manasik haji, calon jamaah haji akan dilatih tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang akan dilaksanakannya. Misalnya rukun haji, persyaratan, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji. Selain itu, para calon jamaah haji juga akan belajar bagaimana cara melakukan praktik tawaf, sa’i, wukuf, lempar jumrah, dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci.
Ketua Himpaudi Kecamatan Tegalwaru, Nina Hidayatina.Spd menegaskan, manasik haji juga diperlukan guna memberikan pemahaman kepada setiap calon jamaah haji tentang tujuan utama keberangkatan mereka ke tanah suci. Manasik haji sangat bermanfaat bagi para calon jamaah haji, karena setelah melaksanakan manasik haji, para calon jamaah haji akan dapat memahami hal-hal apa saja yang harus dilakukan pada saat melakukan ibadah haji nantinya.
"Tentunya karena untuk anak, tidak semua hal diatas akan dipraktekan dalam manasik haji anak, hanya beberapa yang dikenalkan saja, tetapi harapanya akan memunculkan awal yang baik bagi anak agar termotifasi lebih dalam untuk dapat melakukan manasik haji secara keseluruhan dengan urutan yang benar, dan ending-nya bisa melakukan ibadah haji yang sebenarnya," ucapnya.
Senada itu, pengelola PAUD Nurul Huda, Siti Muniroh.SPd.I, mengatakan manasik haji anak adalah peragaan pelaksanaan ibadah haji bagian bagian tertentu yang bisa dipraktekan oleh anak terkait dengan keterbatasan yang dimiliki anak. Namun begitu harapannya makna yang terdapat dalam ibadah haji dapat terfahami dengan baik dan terus bertumbuh semangatnya sehingga ibadah haji menjadi salah satu visi hidupnya. "Hal yang biasanya dilakukan di manasik haji anak adalah niat, sa’i, thowaf, lempar jumroh dengan penjelasan yang ada, yang jarang dilakukan adalah potong rambut malah yang banyak adalah foto-foto," ucap Siti.
Dalam pelaksanaan manasik haji anak, meskipun tidak semua rukun di jalankan tetapi berusaha semirip mungkin dengan kondisi sesungguhnya saat ibadah haji terutama dari pakaian. dari segi pakaian semua pakaian putih, ihram juga menggunakan ihram yang mirip (dari bahan handuk) untuk anak laki-laki, gamis atau stelan putih untuk perempuan serta kantong lempar jumroh, yang lain seperti sepatu, kaos tangan biasanya tidak dilakukan. (yfn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template